PERAN PT. PELNI SURABAYA SEBAGAI SALAH SATU PENYELENGGARA SARANA TRANSPORTASI ANTAR PULAU DI INDONESIA

NUR FITRI ASTUTI (1999) PERAN PT. PELNI SURABAYA SEBAGAI SALAH SATU PENYELENGGARA SARANA TRANSPORTASI ANTAR PULAU DI INDONESIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS PW 09-99 AST P.pdf

Download (239kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keadaan ~eografi dan demografi Indonesia sebagai negara terbesar diantara negara-negara Asia Tenggara mempakan negara kepulauan terdiri dari 13.667 (menurut hasil penelitian ulang oleh Dlna.~ Hidrohosiografi TNJ-AL berjumJah 17.508) pulaupulau dan .~UguSWl pu]au-puhw b~s~u' dWl kecil. dengan 6.044 disutanulya m\'makui nama., dan lain-lain be-hUll dihnal nrunwlya . Ketpulauan IndoIlI.'Ria b('rtebarnn sob~lahmeDy~belah katulistiwa Bagian band wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau bt"sBr yang mempwtyai ciri-ciri benua ASIa d~lfataJ), sedan.!Jkml bagiall Timuf, kecuali Irian Jaya II1\mJpakan kwnpulIDl puiau-pulau dan kt;"!puJaU8Jl Nusa TI:'Ilggara dan bpuhlUIDl Mah.d.1l. Bagian barat perairan Indonesia reJatif dangkal dan bagian Timill" peraianan relatifdalam. Berdasarkan hal ters~but diatas maka masaJah sarana transportasi sangat memegang p~nUHUl penting dimasyarakat. Angkutan taut sebagai salah satu sarana tra:nsportasi yang cukup diminati oleh masyarakat jika Ul~nka bepergian ke1uar PUlWlpulau. Apalagi dalam kondisi p?rekonomirul bangsa kita sekarang mska anaJ."Utan laut IDE'rupakan aJtenmtif lain bagi calon pi'11luupang. Disamping keWltungan dalam be-ntuk r~ndahnya biaya angkuhm lui. sebnliknya p~nggmmM sanma tnmsportasi laut juga lll~nJplmyai b~bt'rupa k~leuJ(~uUl ~ultl:1ra lain bahwa pen~~lgkutall dengml kapal biasanya l~bih lambat dtUl km'~nanya m.:mbutuhkan "vakiu yaHg lebih lama seJain itu juga sangat dipt'ngamhi ol,.,h keadaan cuaca. Sal'ana h'am;portasl laut Jika ciitinj<ul dm·j st'gi sosial dapat diang~ap sebagai l'uatu faktor peI1l<'f:5ntu. Kt~SahHU1 suuhl b~Ul.p,E81nmy(1 akan t~rcjptajika masyarflkat yml~ mmlpakan bagian dari bangsa itu sal ing m'2ugc-tahui dan dapat h~'rilublmgan satu dengan yang lain s·~hing.~a m;;>r;;-ka mt~rakan !>~bngni bangsa yang b~rsahl. Jika dilihat dari segi politis sep~rti lUlhlk tUJuan pt'I1ahaneJIl, maka pengangkuhm memberikan swnbangannya yang p~ntiJ)g daJwn lIlobiJitas dw·j unllill"-UUSW' pertabanan itu. Dari 8udut p8ndang ekonomi pengang),mtan dianggap penting,. sebagai suatu sel.1or ekonomi yang dapat memtYukan ke-giatan-kegiatan perekonomian itu sendiri. Jika terjadi bambatanhambatan dalam proses pengangkutan, maka bal ini menyebabkan terjadinya gangguangangguan bagi jalwUlya perekoniwl lefBebut. Diswllping peranwUlya. yang ptmting dwwn menjamin kelancaran kcgiatan perokonomian dan masyar-skat umumnya,. pengangl.1.Jtan juga memberikan sumbangan bagi tt"rbukanya usaba-llsaha bam untuk kemtYuan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis PW 09/99 Ast p
Uncontrolled Keywords: SHIPPING, TRANSPORTATION
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT5220-5286 Customs relative to transportation and travel
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
NUR FITRI ASTUTINIM079610018-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNEFFRETY NILAMSARI, S.Sos.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 16 Jan 2017 19:29
Last Modified: 09 Jun 2017 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item