KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG MOTIVASI DAN UPAYA KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DI PT MERPATI NUSANTARA AIRLINES DISTRIK SURABAYA)

MUKLIS METASARI, 070110785-S (2004) KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG MOTIVASI DAN UPAYA KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DI PT MERPATI NUSANTARA AIRLINES DISTRIK SURABAYA). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS PW 11-05 MET K.pdf

Download (289kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia mempakan negara yang kaya akan panorama a1am yang cukup indah. Hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya daerah tujuan wisata yang ban yak tersebar di selumh pelosok tanah air, baik itu yang SUdail dikelola dengal1 baik maupul1 yang masih belum dikelola. Dewasa ini di Indonesia, industri pariwisata makin berkembang, dibuktikan dengan makin banyaknya hotel dibangun dan makin banyaknya orang terampil dididik 11l1tuk kepentingan tersebut, makin banyak pesawat udara, gerbong kereta api, bis dan taksi untuk kepentingan wisatawan. Dalam indnstri pariwisata itu sendiri tidak lepas dari pelayanan yang ada. Karena kenyamanan berwisata merupakan salah satu factor yang sangat penting. Pariwisata itu sendiri merupakan mata rantai yang terdiri dari akomodasi, transportasi, makan minum, obyek wisata dan atraksi wisata. Dan transportasi di sini memegang peranan yang sangat penting. Disebabkan kenyamanan dalam peIjalanan untuk menll.iu daerah tt~iuan wisata akan memberikan kesan pertama dalam perjalanan wisata in, sendiri. Kesemuanya in, tidak lepas dari kualitas sumber daya manusia yang bergerak di bidang transportasi yang bersangkutan. Dalam hal iill adalah jasa penerbangan udara. Dalam menyusun tugas akhir ini peneliti menggunakan metode deskriptif [ill artinya adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan atau menggambarkan atau melukiskan fenomena atau hubungan antar fenomena yang diteHti secara sistematis, factual dan akurat. Sedangkan metode pendekatan yang digunakan peneliti adalah metodologi kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif bempa kata-kata tertulis atau lisan daTi orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam penelitian ini peneliti juga mengambil sample untuk memperkuat data yang ada, sample yang diambil sebesar 50 % dari jumlah populasi yang ada. Macrun sampling yang dipakai peneliti adalah purposive sampling. Setelall data yang didapat terkumpuI maka peneIiti menggunakan metode pengumpul data Ada beberapa metode pengumpu[an data yang digunakan peneliti. Pertama peneliti menggurIakan metode observasi terbuka. Ini artinya peneliti secara terbuka diketahui oleh subjek, sedangkan sebaliknya para subjek dengan sukarela memberikan kesempatan kepada pengamat tmtuk mengamati peristiwa yang terjadi. Kedua adalah wawancara, wawancara yang dilakukan peneliti adalah wawancara bebas terpimpin. Jadi pewawancara hanya membuat pokok-pokok masalah yang akan diteliti, selanjutnya dalam proses wawancara berlangsung mengikuti sinlasi. Selain in, peneliti menggurIakan metode dokumentasi untuk mambantu mempeIjelas hasil penelitian. Kualitas sumber daya manusia merupakan unsur paling penting bagi perusahaan. Hal ini adalall untuk menunjang operasional perusahaan in, sendiri. Motivasi dalam bekerja juga merupakan salah satu factor yang mendukung k'Ualitas sumber daya manusia yang ada di perusahaan yang bersangkutan Karena seorang karyawan yang mempunyai motivasi keIja, maka dia akan berusaha bekeIja lebill giat lagi untuk mencapai keinginan atau harapan yang dimilikinya. Dan untuk motivasi karyawan PT. Merpati Nusantara Airlines itu diantaranya untuk memenuhi kebutullan biolobtis, kebutuhan biologis di sini yang dimaksudkan adalah sandang, pangan dan papan atau kebutuhan hidup mereka sehari-hari, seJain itu juga untuk memperoleh kedudukan yang Jebih baik (prestige), ingjn menllnjukkan prestasi yang terbaik, dan untuk keperJuan masa depan (pemikahan). Dan bentuk dari motivasi-motivasi terse but adaIall bekeIja lebih gjat lagj, meraih prestasi yang terbaik, tanggap terhadap permasafahan yang ada, lIlet dan sabar, bekeIja sampingan, minta lembur tambaIlan dan sekolal1 Iagi ke jenjang yang Jebih tinggj. Sedangkan factor-faktor yang mempengaruhi motivasi tersebut bisa datang dari diri sendiri, yaitu kesenangan dan kepuasan akan pekerjaan dan harapan dari karyawan PT. Merpati Nusantara Airlines. Dan yang kedua factor tersebut datang dari perusaIlaan yang bersangkutan (factor ekstemal), yaitu adanya jaminan kesejahteraan bagj para karyawannya, adanya pelatihan-pelatihan khuSllS bagi para karyawannya, pemberian motivasi oleh pihak manajemen, kebebasan karyawan dalam menyampaikan ide-ide, saran maupun keluhannya, belum adanya penghargaan klmsuskepada karyawan yang berprestasi, pembagian job description yang jelas, dan didengungkannya budaya trllst. Selain itu factor Jainnya datang dari orang-orang terdekat mereka atau keiuarga, sehingga sebagian besar dari karyawan PT. Merpati Nusantara Airlines memilih bekerja di distrik Surabaya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis PW 11/05 Met k
Uncontrolled Keywords: INCOME, QUALITY EMPLOYEES
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB522-715 Income. Factor shares
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsEmail
MUKLIS METASARI, 070110785-SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorANDY UMARDIONO, . S. SosUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 16 Jan 2017 23:20
Last Modified: 09 Jun 2017 22:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51204
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item