PEMBEBANAN BIAYA DEPARTEMEN PENDUKUNG PADA DEPARTEMEN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE TIMBAL BALIK ( RECIPROCAL ) DI RUMAH SAKIT DARMO SURABAYA

APRINDA WIDYA MUGRAHENI, 040016&29 (2004) PEMBEBANAN BIAYA DEPARTEMEN PENDUKUNG PADA DEPARTEMEN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE TIMBAL BALIK ( RECIPROCAL ) DI RUMAH SAKIT DARMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 339-04 Nug p.pdf

Download (518kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit sebagai perusahaan jasa nonprofit semu didanai dari pemakai jasa perawatan sehingga diharapkan biaya yang dikenakan pada pasien sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Rumah sakit Darmo bel urn membebankan biaya departemen pendukung pada departemen produksi sehingga kurang tepat dalam memperhitungkan biaya. Terdapat 3 altematif dalam membebankan biaya departemen· pendukung yaitu metode langsimg (direct melhod), metode berurutan (step m"lhod), serta metode timbal-balik (reciprocal method) yang memperhitungkan semua jasa timbal-balik dengan menggunakan persamaan linear sesuai rasio alokasi. Metode timbal-balik sangat tepat digunakan karena departemen pendukung saling memberikan manfaat secara timbal-balik. Dalam menerapkan metode ini sangat penting untuk menelusuri biaya overhead rumah sakit sehingga dapat ditentukan dasar alokasi sesuai aktivitas. Setelah dasar alokasi diketahui maka dapat dihitung tarif overhead untuk departemen produksi schingga biaya overhead dapat dialokasikan pada unit produk individual. Pembagian departemen di rumah sakit Darmo telah memadai tapi biaya belum dipisahkan berdasarkan perilakunya yaitu biaya tetap dan biaya variabel. Dalam membebankan biaya departemen pendukung pada departemen produksi akan lebih baik jika digunakan tarif pembebanan berganda sehingga perhitungan tarif overhead dapat dihitung terpisah menjadi tarif overhead tetap dan tarif overhead variabe1. metode tarifberganda penting digunakan untuk mengetahui peningkatan pemantaatan departemen pendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 339 / 04 Nug p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: Direct method, step method, reciprocal method, dasar alokasi, rasio alokasi, persamaan linear, tarifpembebanan berganda.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
APRINDA WIDYA MUGRAHENI, 040016&29UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. SUYUNUS, MAFIS, Drs., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Jan 2017 16:19
Last Modified: 18 Jan 2017 16:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item