MAKNA UPACARA PENYAMBUTAN JEMAAH HAJI (Suatu Studi Deskripsi di Desa Curah Jeru, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo)

NUNUK CITA FITRIAH, 079414536 (2000) MAKNA UPACARA PENYAMBUTAN JEMAAH HAJI (Suatu Studi Deskripsi di Desa Curah Jeru, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FIS ANT.07 00.FIT M.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Ibadah haji merupakan ibadah yang sangat istimewa terutama bag! orang madura. Slametan-slametan selalu diadakan sebelum dan sesudah ibadah tersebut dilakukan. Untuk mengantar dan menjemput haj! dilakukan secara berombongan oleh kerabat dekat maupun tetanggatetangganya. Oesa Curah Jeru merupakan daerah yang mayoritas penduduknya orang madura. Desa ini berada di Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Dalam melakukan Upacara Penyambutan Jemaah Haj 1 masyarakat dl daerah ini melakukannya dengan sangat meriah dibandingkan di suatu tempat dl Surabaya, yang daerahnya banyak tlnggal etnis madura juga. Hal ini menimbulkan pertanyaan sebagai berikut : Apa makna dari Upacara Penyambutan Jemaah Haji tersebut dan Bagaimanakah pelaksanaannya 1. Manfaat dari penelitian ini adalah agar dapat leblh memahami apa makna dari upacara tersebut dilakukan, mampu menyumbangkan informasi dan pandangan tentang Antropologi Agama. Dalam penelitian ini dipakai Metode kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif serta studi perbandingan. Informan dipilih berdasarkan kriteria : enkulturasi yang baik, keterlibatan langsung, masih asing bagi peneliti, mempunyai waktu yang cukup dan tidak menganalisa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara yang mendalam, studi kepustakaan dan bahan dokumen. Data d1analisis dengan urutan pengumpulan data, pengelompokan data dengan mengorganisasikannya dalam suatu pola, kategori dan uraian dasar serta perbandingan data sehingga dapat diinterprestasikan secara holist!k. Upacara Penyambutan Jemaah Haj i dan seluruh slametan-slametan yang diadakan seputar ibadah haji pada masyarakat Oesa Curah Jeru adalah untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Rahmatnya. Terutama bag! jemaah haj i, karena dapat melaksanakan ibadah haj 1 dan juga bagi keluarga yang ditinggalkan karena masih dapat bertemu dengan haj i tersebut. Makna lain dari upacara in1 adalah sebagai sarana untuk menjalin solidaritas masyarakat, solidaritas dengan Tuhan, dan untuk kepuasan pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 07-00 Fit m
Uncontrolled Keywords: PILGRIMAGE
Subjects: K Law > KB Religious law in general
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB400 Ritual law. Religious observances and rituals
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
NUNUK CITA FITRIAH, 079414536UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDL. Dyson, DR. . MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 18 Jan 2017 20:10
Last Modified: 18 Jan 2017 20:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51367
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item