PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN LAGU DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA MURID-MURJD KELAS 1 DI SDN KALIASIN I SURABAYA

SHERLY SETIAWATI (2004) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN LAGU DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA MURID-MURJD KELAS 1 DI SDN KALIASIN I SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk Fs DBE 19.04 Set P.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Bahasa merupakan suatu unsur yang sangat penting bagi kebidupan manusia. Tanpa bahasa, manusia akan sulit berkomunikasi dengan yang lain. Dalam mempelajari suatu bahasa, terlebih dahulu kita harus memehami kata-kata atau kosakata yang terdapat dalam bahasa tersebut. Kosakata juga penting untuk memahami ucapan seseorang karena dalam ucapan tersebut terdapat suatu kaUmat yang terdiri dari kata-kata atau kosakata. Jadi, kosakata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu bahasa. Salah satu bahasa yang menjadi alat dalam hubungan Intemasional adalah bahasa Inggris. Di Indonesia, bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diwajibkan bagi para murid Sekolah Dasar. Dengan diajarkan sejak mulai sekolah dasar maka diharapkan para generasi muda ini sedini mungkin mulai mengenal bahasa Inggris. Jadi masyarakat Indonesia dapat berkomunikasi dengan masyarakat Intemasional dan tidak tertinggal dengan negara-negara lain dalam persaingan global. Dalam realitanya, pengajaran bahasa Inggris pada murid-murid Sekolah Dasar banyak menemui hambatan dan kesulitan. Hal ini dikarenakan para murid SD merupakan pemula (beginner) dalam artian mereka belum tahu mengenai bahasa Inggris. Kebanyakan dari mereka masih sulit untuk memahami bahasa Inggris karena masih minimnya penguasaan pembendaharaan kata dan pengucapan kata. Maka, untuk memudahkan pengajaran kosakata bahasa Inggris kepada para murid sekolah dasar, khususnya para murid kelas 1 SDN Kaliasin I digunakan media gambar d an I agu. K edua media t ersebut s angat e fektif k arena mengingat para murid SD khususnya murid·murid kelas 1 SDN Kaliasin I masih anak-anak yang pada umumnya cenderung menyukai gambar dan lagu. Media gambar sangat efektif untuk meningkatkan motivasi anak-anak SD dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris karena gambar lebih mudah dipahami oleh anak-anak, khususnya para murid SDN Kaliasin I Surabaya. Selain itu, gambar juga dapat menarik perhatian mereka karena gambar mempunyai bentuk dan warna yang menarik. Di sisi lain, media lagu juga merupakan salah satu alat bantu untuk memotivasi para murid SD untuk mempelajari kosakata bahasa Iggris. Pertama, lagu dapat memperkaya penguasaan kosakata bagi para murid SD, khususnya murid-murid kelas 1 SDN Kaliasin I. Kedua, lagu bisa memudahkan mereka untuk mengingat kata·kata yang bam mereka dapatkan. Berdasarkan uraian di atas, dan data·data nilai yang diperoleh para murid kelas 1 SDN Kaliasin I dari pengajaran kosakata bahasa Inggris menunjukkan adanya beberapa perbedaan keefektifan antara media gambar dan lagu. Maka, kesimpulan yang didapat adalah sebagai berikut : 1. Media gambar dan lagu merupakan alat bantu yang efektif dalam pembelajaran kosakata pada murid-murid kelas 1 SDN Kaliasin I. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai hasil evaluasi yang telah dilakukan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu memperoleh nilai diatas 75 sebanyak 33 orang (75%) dari jumlah keseluruhan 46 siswa. 2. Penggunaan media gambar lebih baik dibandingkan media lagu dalam pembelajaran kosakata pada para murid kelas 1 SDN Kaliasin I karena berdasarkan nilai yang diperoleh. Penggunaan media gambar lebih efektif daripada media lagu meskipun kedua media tersebut sama baiknya sebagai alat bantu dalam pembelajaran kosakata bahasa inggris. 3. Manfaat media gambar yaitu menarik perhatian anak-anak dalam mempelajari kosakata, memudahkan para siswa untuk memahami arti kata, dan memotivasi mereka dalam mempelajari kosakata dalam bahasa Inggris. 4. Manfaat media lagu yaitu mempercepat proses penyampaian pesan dari 1 agu-lagu t ersebut k arena 1 agu i ni d inyanyikan s ecara b erulangulang sehingga para murid tidak sadar mulai terbiasa belajar mengucapkannya dengan benar seperti hello, good morning, dll. Lagulagu ini juga dapat meningkatkan semangat belajar anak.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ENGLISH LANGUAGE, STUDY AND TEACHING, AUDIO VISUAL
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > PE1585 English language -Semantics
P Language and Literature > PR English literature > PR83 English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris (D3)
Creators:
CreatorsNIM
SHERLY SETIAWATINIM120010010-G
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJURIANTO, Drs., M.EdUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 18 Jan 2017 21:16
Last Modified: 18 Jan 2017 21:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51383
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item