ANALISIS HUBUNGAN KECEPATAN GELOMBANG ULTRASONIK DENGAN SALINITAS DAN TEMPERATUR

Jaka Sulistianta, 089210986 (1997) ANALISIS HUBUNGAN KECEPATAN GELOMBANG ULTRASONIK DENGAN SALINITAS DAN TEMPERATUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk ,mpf 11.97 Sul a.pdf

Download (390kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecepatan gelombang ultrasonik dengan salinitas dan temperatur. Salinitas dan temperatur divariasi masing-masing antara 0-40 0/00 dan 0-40 °C. Dengan diketahuinya kecepatan perambatan geJombang ultrasonik di dalam suatu fluida dapat dimanfaatkan untuk mengetahui karakteristiknya antara lain impedansi akustik dan kompresibilitas. Pengukuran kecepatan gelombang ultrasonik pada penelitian ini menggunakan metode frekuensi interferensi minimum. Hasil pedUtungan dan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan tinier antara kecepatan gelombang ultrasonik dengan salinitas, sedangkan hubungan temperatur berbanding lurns dengan kuadrat kecepatan perambatan gelombang ulrasonik. Hubungan impedansi akustik dengan salinitas adalah linier, demikian juga dengan temperatur. Salinitas dan temperatur berbanding terbalik terlta.dap kompresibilitas. Temperatur memberikan pengaruh yang dominan temadap kompresibilitas dibandingkan dengan salinitas, sedangkan terhadap impedansi akustik kedua variabel bebas ini memberikan pengaruh yang hampir sarna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF 11/97 Sul p
Uncontrolled Keywords: ultrasonik. salinitas, temperatur, impedansi akustik, kompresibilitas, interferensi minimum
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Q Science > QC Physics > QC170-197 Atomic physics Constitution and properties of matter Including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
Jaka Sulistianta, 089210986UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSiswanto, Drs. , M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 19 Jan 2017 00:22
Last Modified: 19 Jan 2017 00:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51419
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item