ADAPTASI PEDAGANG INFORMAL (STUDY ETNOGRAFI TENTANG STRATEGI ADAPTASI PEDAGANG DI PASAR KEPUTRAN UTARA. KELURAHAN KALIASIN. KECAMATAN TEGALSARI. KOTAMADYA SURA8AYA)

TAUFIK SUBANTO, 079414327 (2000) ADAPTASI PEDAGANG INFORMAL (STUDY ETNOGRAFI TENTANG STRATEGI ADAPTASI PEDAGANG DI PASAR KEPUTRAN UTARA. KELURAHAN KALIASIN. KECAMATAN TEGALSARI. KOTAMADYA SURA8AYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis Ant.13 00.Sub a.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTI~AK JlIdul : ADAPTASI PEDAGANG INFORMAL (Sludi Etnografi Tcntang Strategi Adaptasi Pedagang Di Pasar Kl:plIlran Ulara, Kelurahan Kaliasin, Kecamatan Tegalsari, Kotamadya Surabaya) Penulis : TAUFIK SUBANTO NPM. : 079414327 Program Sludi : Antropologi Fakultas : Ilmu Sosial Dan Ilmu politik Universitas : Airlangga -. Surabaya Tebal : xii + 130 halmnan -I 3 lampirall perijinnfl Keberagal1lan peluang kelja di kota dengan lingknt upah yung relnlif lebih Iillggi dnri lingkal lIpah eli desn, llIerupakan claya Inrik bagi pendllduk pedesaan ullluk bennigrasi ke kota. Para migran ini tidak semuanya tertampung dalam sektor formal perkotaan. Mereka yang tidak tertampung disektor formal, memasuki sektor informal, atau kembali ke desa. Sektor informal perkotaan sendiri mempunyai jenis dan bentuk usaha yang semakin beragam. Salah satunya adalah scktor perdagangan (sebagai pedagang). Untuk mcmpertahankan keberadaannya sebagai pedagang, mereka mempunyai strategi adaptasi yang berbeda-beda. Dalam garis besarnya mereka harus beradaptasi pada lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Untuk mendiskripsikan strategi adaplasi pedagang ini digunakan metode penelitian etnografi. Pcngumpulan datanya menggunakan teknik observasi-partisipasi. serta wawancara terbuka dan mendalam. Analisa kuaalitatif yang dilakukan mecmperoleh gambaran hahwa bagi pedagang pasar ketenangan dalam berdagang mcrupakan modal dasar yang harus dimililiki, oleh scbab itu mereka selalu berusaha untuk mencapai kepastian dari tempat usahanya, dalam arti tidak berpindah-pindah. Selain terhadap tempat mereka juga menyusuaikan diri terhadap waktu juga dan cuaca dalam menentukan harga dan jumlah barang dagangan. Dalam meraih keuntungan, mereka mempunyai strategi penjualan . Strategi ini terkait dengan cara mengikat pemheli, pcnentuan jenis barang dagangan, dan cara mendapatkannya scrta cara-cara memperbesar keuntungan. Penyesuaian diri terhadap lingkungan sosialnya yang lain tcrlihat dari bahasa yang digunakan, organisasi sosial, kcgiatan sosial dan hubungan sosial, serta Usaha sctiap individu untuk mcnghindari konflik tcrbuka yang bcrakibat merugikan diri sendiri. Proses pcnyelesain diri masing-masing pedagang ini merupakan dinamika adaptif pedagang untuk mempertahankan keberadaannya, sckaligus untuk mengembangkan diri sesuai cita-cita dan harapan, hcrdasar pada keinginan dan kreatifitas sendiri. XII

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 13-00 Sub a
Uncontrolled Keywords: MERCHANT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1010-1014 The merchant. Business enterprises
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
TAUFIK SUBANTO, 079414327UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPudjio Santoso, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 19 Jan 2017 00:36
Last Modified: 19 Jan 2017 00:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51426
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item