PERKEMBANGAN PELABUHAN SURABAYA TAHUN 1910 -1940

AHMAD ALI AMRON, 079815905 (2003) PERKEMBANGAN PELABUHAN SURABAYA TAHUN 1910 -1940. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk Fs Sej 05.03 Amr p.pdf

Download (118kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Karya skripsi ini didasarkan pada akhir abad XIX dan awal abad XX, dimana pada periode tersebut mempakan masa perkembangan perekonomian di Hindia Belanda. Perkembangan ekonomi yang dimaksud lebih 'pada jalinan perdagangan ekspor-impor dengan negara induk (Kerajaan Belanda) maupun dengan negara-negara di Eropa lainnya. Karya skripsi ini mengarah pada sejarah ekonomi maritim yang lebih difokuskan pada perkembangan pelabuhan yang berkembang dalam sektor maritim, industri, dan perdagangan. Karya skripsi ini mengambil batasan temporal yang dimulai pada tahun 1910 hingga tahun 1940. Penentuan batasan temporal tersebut berdasarkan awal perkembangan Surabaya sebagai sebuah pelabuhan modem. Hal tersebut ditandai dengan adanya perluasan dan pembangunan pelabuhan pada tatum 1910. Sedangkan tahun 1940 adalah tahun dimana berakhirnya kekuasaan Kolonial Belanda. Hal ini ditandai dengan masuknya ekonomi Jepang dalam struktur perekonomian Hindia Belanda. Metode yang dipakai dalam Karya skripsi ini menggunakan prosedur penulisan sejarah. Sedangkan teknik pengwnpulan data yang dipakai dalam Karya skripsi ini lebih pada proses pendokumentasian, khususnya sumbersumber kearsipan, data statistik dari Royal Tropical Inslilule, laporan tahunan dari Departemen Penerangan Propinsi Jawa Timur. Data-data tertulis yang berhubungan langslUlg dengan pokok bahasan diantaranya diambil dari buku Oud Soerabaia dan Nieuw Soerabaia karya G.H. von Faber, karya peneJitian, tesis, disertasi dan sebagainya. Pengamatan lapangan hanya terbatas di Pelabuhan Surabaya dan Kali Mas sebagai bagian dari observasi data-data lapangan. Pengamatan tersebut pada akhirnya penting sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan dari sumber dan data sebelumnya. Karya skripsi ini juga menggunakan metode wawancara dengan sumber-sumber terkait yang masih relevan. Metode ini penting sebagai bahan keJengkapan sumber yang sudah ada. Pembahasan dalam Karya skripsi ini didasarkan pada tiga permasalahan pokok. Pertama, masalah perkembangan fisik pelabuhan termasuk didalamnya perluasan prasarana dan sarana pelabuhan. Kedua, masalah perkembangan ekonomi di pelabuhan berkaitan dengan masalah ekspor-impor beserta aktivitas perdagangannya. Keliga, masalah sosial masyarakat di sekitar peiabuhan. Akhimya Karya skripsi ini merupakan kajian tentang perkembangan suatu wilayah yang didasarkan pada sektor kemaritiman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: HISTORY, INDONESIAN
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
AHMAD ALI AMRON, 079815905UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSUKARYANTO, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 Jan 2017 00:10
Last Modified: 19 Jan 2017 00:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51429
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item