PROSEDUR PENANGANAN RESERVASI TIKET DOMESTIK DAN INTERNASIONAL DI PACTO Ltd. HYATT REGENCY SURABAYA

TITIN HASNAWATI, 079610130-S (1999) PROSEDUR PENANGANAN RESERVASI TIKET DOMESTIK DAN INTERNASIONAL DI PACTO Ltd. HYATT REGENCY SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS PW 54-99 HAS P.pdf

Download (756kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pacto Ltd merupakan salah satu sub agen perjalanan wisata yang ada di Surabaya dan merupakan perusahaan jasa yang menjual produk-produk berupa tileet pesawat (domestik dan intemasional). tour (paket wisata). dan akomodasi (hotel). Calon penumpang yang membutuhkan tiket dapat membeli di Pacto, agen atau airlinenya sendiri. Sebelum mendapatkan tiket, calon penumpang harus membuat reservasi untuk tiketnya. Tentunya ada prosedur terhadap penanganan reservasi tiket domcstik dan intemasional. Maka Penulis melakukan penelitian tentang prosedur penanganan reserva.~i tiket domcstik dan internasional di lokasi sub agen Pacto Ltd. Surabaya. Mctodc yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tujuan untuk mendapatkan data secara lengkap bukan keterwakilan. Pacto Ltd. dalam divisi Ticketing merupakan sub agen (Non lATA Member) sehingga ia tidak mempunyai hak untuk mengeluarkan tiket sendiri sehingga tiket harus dikeluarkan di agen lain yang merupakan lATA Member. Dari Penelitian yang telah dilakukan. didapatkan bahwa prosedur penanganan reservasi tiket domestik di Pac to Ltd dengan menggunakan sistem manual reservation karena belum dilengkapi fasilitas komputer untuk membuat reserva\'inya. Sedangkan untuk penanganan reservasi tiket intemasional dengan menggunakan sistem computeri::ed reservation yaitu sistem reservasi secara komputer karena sudah dilengkapi dengan komputer ABACUS. Prosedur penanganan reservasi tiket domestik yang diterapkan di Pacto Ltd., secara tehnis belum efektif karena tidak hemat waktu dan biaya karena harus membuat reservasi di agen lain atau airline yang dikarenakan Pacto tidak mempunyai komputer yang langsung on line dengan airline domestik untuk membuat reservasinya. Dengan membuat reservasi tiket di agen lain menyebabkan Pacto harus mengeluarkan tiketnya di agen tersebut sehingga harga tiket yang yang dijual lebih mahal bila dibandingkan harga tiket yang dijual di agen. Dengan adanya hal tersebut menyebabkan Pacto belum dapat menjaring konsumen secara maksimal terutama konsumen domestik sedangkan konsumen yang membeli tiket di Pacto kebanyakan adalah para tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia! r.xpal. Prosedur penanganan reservasi tiket domestik dan tiket intemasional yang diterapkan di Pacto sudah memuaskan bagi konsumen yang membeli tiket karena pelayanan informasi balik mengenai reservasi cepat. customer service bersikap ramah dan professional. Untuk lebih menjaring konsumen yang mernbeli tiket di Pacto. salah satu upayanya adalah dengan mengubah status sub agen Pacto rnenjadi agen dengan menjadi lA7'A (InternatlOl1al Air Transport Assosiatiol1) Member sehingga rnernpunyai wewenang untuk rnengeluarkan tiketnya sendiri dan dapat menjual tiket dengan harga yang lebih murah dan dapat menjaring konsumen maksimal dan memperoleh profit yang maksimal pula bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis PW 54/99 Has p
Uncontrolled Keywords: MARKETING, TOUR TRAVEL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TITIN HASNAWATI, 079610130-SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Endah Nurhidayati, . S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Jan 2017 18:32
Last Modified: 13 Jun 2017 22:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item