PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS MELALUI PELAKSANAAN QUALITY IMPROVEMENT PROGRAM SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS STUDI KASUS: PT "X" DI PASURUAN

AYU BUDI MURSINTAWATI, 049615317 (2002) PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS MELALUI PELAKSANAAN QUALITY IMPROVEMENT PROGRAM SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS STUDI KASUS: PT "X" DI PASURUAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KK A 69-03 MUR P 049615317.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada dasamya pelanggan akan puas apabila mereka menerima nilai sesuai dengan pengorbanan yang telah dikeluarkannya. Nilai produk (barangljasa) yang ditawarkan oleh suatu perusahaan tersebut ditentukan oleh kemampuan prosesnya (process capability). PT "X" yang juga menaruh perhatian pada masalah kualitas mencoba melakukan usaha untuk meningkatkan kualitas produknya melalui perbaikan atas proses yang dimilikinya. Tujuannya adalah untuk mengurangi ketidaksesuaian produk hingga ke titik nol (zero defect). Ketidaksesuaian ini menimbulkan biaya-biaya yang dianggap tidak bemilai tambah (non-value added) sehingga harus dikendalikan agar tidak teIjadi pemborosan. Pemborosan inilah yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba. Oleh karena itu, permasalahan yang diambil dalam penulisan ini adalah "Bagaimana pelaksanaan dari program perbaikan yang dilakukan oleh PT "X" dapat digunakan sebagai sarana untuk mengendalikan biaya. kualitas sehingga dapat membantu meningkatkan profitabilitasnya T. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Obyek penelitian adalah PT "X" yang bergerak dalam industri lampu. Data yang dibutuhkan adalah kualitatif dan kuantitatif selama tiga tahun (1998-2000) yang diperoleh dari departemen akuntansi dan departemen yang terkait. Data kualitatif berupa informasi tentang perusahaan dan program peningkatan kualitas, sedangkan data kualitatif berupa data tentang biaya kualitas. Data-data biaya tersebut disusun menjadi suatu laporan biaya kualitas. Dari laporan biaya kualitas tersebut akan diketahui keberhasilan dari program peningkatan kualitas yang dilakukan oleh PT "X". Apabila tetjadi kecenderungan yang semakin menurun atas prosentase biaya kualitas yang dibandingkan dengan penjualan, maka program tersebut dapat dikatakan berhasil begitu pula sebaliknya. Sedangkan untuk melihat peningkatan profitabilitas, maka yang dilakukan adalah membandingkan laba bersih yang ditimbulkan dari penurunan biaya hasil dati program dengan total asset bersih yang dimiliki oleh PT "X". Hasil analisis yang diperoleh atas pelaksanaan program peningkatan kualitas PT "X" menunjukkan bahwa program ini dapat membantu mengurangi prosentase biaya kegagalan. Penurunan ini berarti perusahaan dapat melakukan pengurangan ketidaksesuaian yang teIjadi dalam proses. Sedangkan hasil analisis alas profitabilitas menunjukkan bahwa dengan adanya program peningkatan kualitas, PT "X" dapat mengurangi biaya yang berarti meningkatkan kemampuannya untuk memperoleh laba. Peningkatan laba ini dibandingkan dengan aset bersih yang dimiliki perusahaan menunjukkan hasil yang meningkat selama kurun waktu tersebut. Dengan melihat hasil tersebut, rnaka pelaksanan program peningkatan kualitas tersebut selayaknya dilakukan secara terus menerus sampai menghasilkan titik yang optimal bagi perusahaan. Selain itu, perusahaan dapat mencoba membuat suatu pelaporan biaya kualitas tersendiri yang dapat digunakan sebagai alat bagi manajemen untuk melihat gambaran tentang permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A.69-03 Mur p (Fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: PENGENDALIAN BIAYA; QUALITY IMPROVEMENT PROFITABILITAS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
AYU BUDI MURSINTAWATI, 049615317UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBasuki, Drs., H., M.Com.(HONS).,Ph.D., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Jan 2017 18:18
Last Modified: 19 Jan 2017 18:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51452
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item