UJI BIOAKTIVITAS ANTIRAADIKAL BEBAS DIFENIL PIKRIL HIDRAZIL (DPPH) DARI DISPERSI SOLIDA EKSTRAK TERSTANDAR CURCUMAE XANTHORRIZAE RHIZOMA SECARA IN VIVO PADA MENCIT ( MUS MULUCUS)

HANI DWI KUSTANTI, 059711968 (2002) UJI BIOAKTIVITAS ANTIRAADIKAL BEBAS DIFENIL PIKRIL HIDRAZIL (DPPH) DARI DISPERSI SOLIDA EKSTRAK TERSTANDAR CURCUMAE XANTHORRIZAE RHIZOMA SECARA IN VIVO PADA MENCIT ( MUS MULUCUS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FF 72-02 KUS U.pdf

Download (238kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Te1ah dilakukan penelitian yang membuktikan bahwa kurkumin yang merupakan kandungan utama dari tanaman Curcuma Spp mampu meredam radikal bebas DPPH seeara in vitro. Salah satu tanaman yang mengandung kurkumin yaitu Curcuma xanthorrhiza Roxb. yang dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia digunakan sebagai obat cacing, kurang nafsu makan, serta mengobati penyakit hati. Kemampuan tersebut terkait dengan aktivitas antiradikaI bebas kurkumin yang di tunjukkan oleh gugus [)-diketon kurkumin yang berperan sebagai gugus reduktor dan gugus parahidroksi. Untuk mengembangkan bahan rimpang Curcuma xanthorrhlza Roxb. menjadi produk fitofarmaka terstandar untuk terapi antiradikal bebas yang kaya bermuatan dasar iptek kefarmasian yaitu bukti hasil penelitian in vivo dengan mengukur daya antiradikal bebas darah hewan eoba meneit (blood antioxidant eapacity/activity) dalam bentuk kurva % peredarnan antiradikal bebas DPPH vs waktu yang analog juga dengan kurva ketersediaan ak:tivita.~ biologi, maka dilakukan penelitian tentang uji bioaktivitas antiradikal bebas DPPH dari ekstrak terstandar Curcumae xanthorrhizae Rhizorna yang didispersikan dalam matriks PEG 6000 secara in vivo menggunakan hewan colla meneit. Serbuk rimpang Temulawak sebanyak I kg diekstraksi seeara perkolasi mengtmalkan etano] % % redistillata. Ekstrak yang diperoleh yaitu 3493 ml kemudian dipdQitlam pada vacum rotary evaporator dan didapatkan ekstrak pekat sebanyak 1140 ml. Dari ekstrak tersebut kemudian dibagi dua yang kemudian dipakai untuk peulbwitan dispersi solida dan ekstrak kering. Jumlah PEG 6000 yang digunakan .ada:lah 42,5 gram dan jumlah Cab-O-Sil yaitu 50 gram, didapatkan berat sediaan hasil dispersi solida 166,533 gram. Vntuk pembuatan ekstrak kering, Cab-O-Sil yang diglllllltkan 50 gram dan didapatkan ekstrak kering 110,629 gram. Vji bioaktivitas antiradikal bebas DPPH dilakukan dengan metode spektrc)fo1:om,etri' dengan pereaksi diphenil pikril hidrazil (DPPH) sebagai radikal Sebagai hewan coba digunakan meneit galur Balp C sebanyak 16 ekor yang menjadi 4 kelompok yaitu kelompok bahan uji, ke1ompok penlbanding bahan kelompok kontrol negatif bahan uji, dan kelompok kontrol negatif pembanding uji. Pada kelompok baban uji, meneit diberi sediaan dispersi 501ida ekstrak Curcurnae xanthorrhizae Rhizoma secara oral, sedangkan pada kelompok pelnblmdmg bahan uji meneit diberi sediaan ekstrak kering Curcumae xanthorrhizae Rhizolma, dan untuk kelQmpok kontrol negatif bahan uji dan kelompok kontrol negllutpembanding bahan uji, masing-masing diberi suspensi PEG 6000 dan Cab-OdaIam CMC-Nll 0,5 % dan suspensi Cab-O-Sil dalarn CMC-Na 0,5 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FF 72-02 Kus u (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: FREE RADICAL; PLAT EXTRACT
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
HANI DWI KUSTANTI, 059711968UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNOOR IFANSYAH, Dr.,AptUNSPECIFIED
ContributorHERRA STUDIAWAN, Drs. MS. AptUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 20 Jan 2017 00:23
Last Modified: 15 Jun 2017 17:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51515
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item