STRATEGI ADAPTASI KELUARGA PETANI LAHAN KERING DALAM MENGHADAPI MASA PACEKlIK (KAJIAN STRATEGI ADAPTASI KELUARGA PETANI LAHAN KERING DI DESA MOJOPURO KECAMATAN JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI)

Mohamad Soepriyono, 079313946 (2000) STRATEGI ADAPTASI KELUARGA PETANI LAHAN KERING DALAM MENGHADAPI MASA PACEKlIK (KAJIAN STRATEGI ADAPTASI KELUARGA PETANI LAHAN KERING DI DESA MOJOPURO KECAMATAN JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FIS ANT.14 00.SAE S.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Abstraks Desa Mojopuro merupakan desa dengan pertanian lahan kering yang hanya memanfaatkan irigasi air hujan. Usaha pertanian hanya dikerjakan pada musim hujan saja sedangkan hasil dari pertanian hanya menghasilkan panen satu kali dalam satu tahun untuk sawah tadah hujan, sedangkan tegalan dan pekarangan menghasilkan panen dua kali yaitu panen jagung dan kacang serta ketela pohon. Kaj~an dan penelitian inj adalah upaya-upaya yang dilakukan oleh keluarga petani lahan kenng dalam menghadapi masa paceklik yaitu masa krisis saat semakin menipisnya persediaan bahan makanan yang dimiliki keluarga petani. Peneliti ingin mengetahui upaya-upaya yang dilakukan keluarga petani fahan kering dalam menghadapi masa paceklik sebagai suatu strategi adaptasi terhadap lingkungan alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pemilihan informan secara porposive, yaitu mereka yang benar-benar mengetahui permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan dan kebiasaan keluarga petani lahan kering di Oesa Mojopuro. Pengumpulan data dilakukan dengan observas;, wawancara mendatam dan bahan dokumen di lapangan. Anatisa data dilakukan dalam tiga tahap: (1) tahap penemuan data; (2) tahap memberi kode yang meliputi: a) mengkategorikan setaip tema; b) memilih data dengan cara memisahkan catatan lapangan, transknp dan bahan dokumen per tema, dan (3) tahap penulisan. Tujuan yang hendak dicapai dan penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan dan strategi yang dilakukan oIeh keluarga petani lahan kering dalam usahanya agar tetap survive pada saat menghadapi kendala alam yang sukar untuk ditanggulangi. Selain itu untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh keluarga petani lahan kering dalam menghadapi masa paceklik. Hasil dan penelitian ini adalah bahwa keluarga petani lahan kering di Oesa Mojopuro melakukan strategi dalam pertanian dengan menanam tanaman tumpang sari dan menanam tanaman lain yang bernilai ekonomis. Strategi diluar pertanian dengan membuat industri kecil, strategi keluarga berencana, strategi dengan magis relegius dan merantau ke kota-kota besar untuk menambah penghasilan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 14-00 Sae s
Uncontrolled Keywords: FAMER
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Mohamad Soepriyono, 079313946UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDYusuf Ernawan, Drs, , M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 20 Jan 2017 00:28
Last Modified: 20 Jan 2017 00:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51517
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item