VALIDASI DAN OPTIMAASI METODE KROMATOGRAFI GAS UNTUK PENETAPAN KADAR ALKOHOL DALAM BUAH MANGGA (MAGNIFERA INDICA LINN) PADA BERBAGAI TINGKAT KEMATANGAN

MUSTHOFA ANWARI, 059711948 (2002) VALIDASI DAN OPTIMAASI METODE KROMATOGRAFI GAS UNTUK PENETAPAN KADAR ALKOHOL DALAM BUAH MANGGA (MAGNIFERA INDICA LINN) PADA BERBAGAI TINGKAT KEMATANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FF 73-02 ANW V.pdf

Download (277kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada pene!itian ini te!ah dilakukan va!idasi dan optimasi metode kromatografi gas yang diaplikasikan untuk penetapan kadar a!koho! dalam buah mangga pada berbagai tingkat kematangan dari buah yang disimpan selama selang waktu satu sampai lima hari sete!ah pemetikan. Untuk mengetahui validitas dari metode kromarografi gas maka sebelum digunakan untuk penetapan kadar a!kohol dalam buah mangga, metode kromatografi gas dilakukan validasi terlebih dahulu. Pada validasi untuk menentukan selektivitas digunakan parameter Resolusi (Rs) dan Waktu retensi relatif (a), dari penelitian diperoleh Waktu retensi relatif (a.) antara etano! standar dengan isopropanol adalah 1,03 dengan resolusi 2,6. Pada pemilihan pelarut dipilih pelarut etil asetat karena puncaknya tidak berimpit dengan alkohol maupun isopropanoL Untuk uji linieritas didapat hubungan yang Iinier antara kadar alkohol dengan perbandingan antara area alkohol standar dan isopropanol, sehingga slope dari kurva baku dapat digunakan untuk menghitung kadar alkohol dalaril sampel. Pada penentuan presisi alat dengan membandingkan antara pemakaian standar internal dan standar eksternal didapatkan bahwa pemakaian standar internallebih teliti daripada dengan standar eksternal. Pada penentuan akurasi diperoleh prosen recovery sebesar 93,773 % Setelah dilakukan validasi, tahap selanjutnya adalah preparasi sampel dimana sampel dipreparasi melalui tiga tahap yaitu penguapan dengan rotavapor kemudian diekstraksi dengan n -heksana dan dilanjutkan dengan ekstraksi memakai eti! asetat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FF 73-02 Anw v (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: KROMATOGRAFI; ALKOHOL; MANGGA
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
MUSTHOFA ANWARI, 059711948UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSOEBAHAGIONO, Drs. AptUNSPECIFIED
ContributorH.M. YUWONO, Dr.rer.nat. Apt.MSUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 20 Jan 2017 00:31
Last Modified: 15 Jun 2017 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item