KEPUASAN KERJA KARYAWAN TAMAN REMAJA SURABAYA (STUDI DISKRIPTIF TENTANG KEPUASAN KERJA KARYAWAN GAME BOOTH TAMAN REMAJA SURABAVA (TRS) BERDASARKAN PENGHARGAAN KERJA YANG DITERIMA)

TRI YUDI S (2005) KEPUASAN KERJA KARYAWAN TAMAN REMAJA SURABAYA (STUDI DISKRIPTIF TENTANG KEPUASAN KERJA KARYAWAN GAME BOOTH TAMAN REMAJA SURABAVA (TRS) BERDASARKAN PENGHARGAAN KERJA YANG DITERIMA). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis Pw 79 05-Sus k.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu sector pariwisata yang dianggap berpontensi besar sebagai penyumbang devisa bagi negara adalah sector pariwisata. Jika sector pariwisata tersebut dikelola dengan baik, bila dilibat dari segi beragamnya budaya dan keindahan alam yang dimiliki, maka Indonesia sangat berpotensi untuk menjualnya sebagai modal untuk membangkitkan industri pariwisata. PT. STAR Taman Remaja Surabaya merupakan salah satu sarana hiburan dan rekreasi yang terdapat di kota Surabaya. Dimana taman rekreasi ini menawarkan hiburan yang beraneka ragam kepada masyarakat khususnya warga Surabaya, lembaga-lembaga pendidikan, maupun perusabaan-perusahaan. Adapun pembahasan dalam tulisan ini terfokus pada kepuasan kerja karyawan PT. STAR Taman Remaja Surabaya berdasarkan penghargaan yang diterima. Kelancaran operasional suatu perusahaan tidak mungkin berhasil apabila tidak ditunjang dengan hasil kerja karyawan yang maksimal. Untuk dapat menghasilkan suatu hasil kerja yang maksimal, karyawan harus merasa nyaman, betah, dan menikmati pekerjaannya sehingga karyawan tersebut dapat menghasilkan hasil kerja yang optimal dan mendapatkan imbalan kerja berupa penghargaan dari pihak perusahaan (PT. STAR Taman Remaja Surabaya). Penghargaan tersebut terdiri dari yang bersifat formal maupun non formal. Penghargaan formal terdiri dari penghargaan-penghargaan resmi dari perusahaan yang dapat berupa gelar, materi (uang), maupun sertifikat. Dan pengbargaan non formal adalah dapat berupa ucapan "terima kasih", pujian, maupun tepukan dibahu. Apabila semua pihak dapat merasakan hal yang sama yaitu terpenuhi kebutuhannya maka dapat menimbulkan rasa puas dalam bekerja, rasa puas dalam diri seorang karyawan sangat penting untuk diperhatikan oleh Human Resources Departement. Ada berbagai tujuan dan manfaat yang menjadikan penulis meneliti tentang kepuasan kerja karyawan PT. STAR Taman Remaja Surabaya khususnya bagian Game Booth. Teknik yang digunakan oleh penulis untuk mengumpulkan data-data yaitu dengan observasi, wawancara (interview), dan penggunaan bahan dokumen. Pada teknik analisa data, penulis menggunakan metode kualitatif yang merupakan hasil penjelasan dari hasil analisa dan interprestasi penulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berupa informasi-informasi tertulis atau lisan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dengan kapuasan kerja karyawan PT. STAR Taman Remaja Surabaya sendiri, dimana melalui wawancara yang diajukan dan serta studi kepustakaan yang berhubungan dengan fokus penelitian penulis. Dari data yang diperoleh tersebut di lapangan serta analisa, dapat dijelaskan bahwa hasil wawancara penulis dengan karyawan PT. STAR Taman Remaja Surabaya yang dibuat oleh penulis untuk dapat mengukur sejauh mana kepuasan karyawan PT . STAR Taman Remaja Surabaya dalam bentuk penghargaan kerja yang diterima dari atasan menunjukan hasil yang positif dimana hal tersebut disebabkan karena dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, dan diketahui sejauh mana karyawan PT. STAR Taman Remaja Surabaya merasa puas atas penghargaan yang diterimanya sebagai imhalan dari hasil kerja karyawan tersebut selama ini. Baik itu penghargaan yang bersifat formal maupun non formal. Dari hasil observasi lapangan diketahui bahwa kepuasan kerja karyawan dapat memberikan kontribusi pada meningkatnya kualitas hubungan kerjasama dan pengertian antara individu yang berinteraksi dalam perusahaan. Kepuasan kerja akan membentuk sikap positif antara karyawan dengan atasan dan yang paling penting dengan konsumen.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.79/05 Sus k (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: kepuasan kerja, karyawan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
TRI YUDI SNIM070110805-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorANDY UMARDIONO, S. SosUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 22 Jan 2017 23:52
Last Modified: 22 Jan 2017 23:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51605
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item