PENYUSUNAN BALANCED SCORECARD PADA BANK "X" SURABAYA

GRANI PUSPANINGRUM, 040418647 (2009) PENYUSUNAN BALANCED SCORECARD PADA BANK "X" SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-puspaningr-8500-abstract-8.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-puspaningr-8476-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Era globalisasi ekonomi dewasa ini, dirasakan sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia. Khususnya industri, keuangan dan perbankan sebagaimana negara-negara berkembang lainnya. Bank "X" Surabaya adalah lembaga keuangan pemerintah yang menjalankan kegiatan usahanya sebagai "Financial Intermediary" atau perantara keuangan yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk alternatif investasi lainnya. Lingkungan bisnis yang dimasuki oleh perusahaan sangat kompetitif sehingga menuntut kemampuan perusahaan untuk membangun keunggulan kompetitif pula dan mampu menempuh langkah-langkah strategis dalam membangun masa depan perusahaan. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu mengerahkan dan memusatkan kapabilitas dan komitmen seluruh personel dalam membangun masa depan perusahaan. Salah satu pengukuran kinerja yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan adalah Balanced Scorecard System. Dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard System akan diketahui informasi dari empat perspektif dari perusahaan yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan secara komprehensif, koheren, seimbang dan terukur sehingga dapat diketahui basil kinerja dari tiap perspektif yang ada. Hal ini memudahkan pihak manajemen untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap-tiap Perspektif sehingga dapat dilakukan langkah strategis untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat dokumentasi sebagai rancangan penelitian. Data yang digunakan adalah data primer berupa gambaran umum perusahaan, strategi-strategi perusahaan, visi dan misi perusahaan serta data sekunder yang berupa bagan struktur organisasi dan ikhtisar keuangan. Hasil penelitian yang menggunakan analisis ROA dan net margin digunakan untuk mengukur kinerja pada perspektif keuangan, sedangkan hasil penelitian yang menggunakan analisis customer acquisition, responsive service, absenteeism, trained employee, tingkat pendidikan karyawan, jumlah keluhan pelanggan, tingkat kepuasan nasabah, tingkat kesetiaan nasabah, dan jumlah kantor cabang baru digunakan untuk mengukur kinerja pada perspektif non keuangan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidakseimbangan antara kinerja keuangan dan kinerja non keuangan pada Bank "X" Surabaya. Pengukuran kinerja dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard yang bersifat komprehensif, koheren, seimbang dan terukur dapat bermanfaat bagi para pemakainya karena menyediakan umpan balik (feedback) yang membantu manajer dalam mengidentifikasi masalah yang timbul, mengevaluasi dan membantu dalam pemecahan sehingga dapat berguna untuk membantu peningkatan kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.86/08 Pus p
Uncontrolled Keywords: BALANCED SCORECARD; MANAGEMENT ACCOUNTING
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
GRANI PUSPANINGRUM, 040418647UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI ISWATI, Dr. Hj., Msi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 20 Jan 2009 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5161
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item