Penerapan Tax Planning Atas PPh Badan Pada Perusahaan Reksa Dana (Kasus Pada PT. "X" Jakarta)

Irma Dwi Kusumawati, 049912723 -E (2003) Penerapan Tax Planning Atas PPh Badan Pada Perusahaan Reksa Dana (Kasus Pada PT. "X" Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK A 103 04 Kus p 049912723 -E.pdf

Download (392kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan Reksa Dana merupakan Wajib Pajak Badan yang harus \ menghitung, menyetor dan melaporkan pajaknya kepada negara. Pada tahun 2002 I\ banyak bermunculan Reksa Dana -Reksa Dana baru dalam lingkup pasar efek \ Nasional Indonesia. Hal ini terjadi setelah data-data nengenai Reksa Dana -Reksa \ Dana yang ada pada tahun 1998-1999,pihak BAPEPAM tidak mencatat satupun \ Reksa Dana di pasar efek Nasional. Pemberlakuan pajak bagi Reksa Dana yang \ berusia 5 (lima) tahun mulai awal Mei 2002 membuat permasalahan tersendiri bagi \ Reksa Dana. Dengan kata lain penghasilan yang didapat dari Reksa Dana yang \berusia lebih dari 5 (lima) tahun akan dikenakan pajak penghasilan yang bersifat final ~aitu sebesar 20%. Dengan adanya persaingan Rntara Reksa Dana -Reksa Dana yang pebas pajak dan yang dikenakan pajak, membuat para praktisi Reksa Dana harus \'kucing-kacingan" untuk membuat Reksa Dana yang baru dengan tujuan agar ~rhindar dari kewajiban perpajakannya. \ Atas dasar itulah diperlukan suatu upaya untuk menekan besarnyt jumlah Pajak terutang yang harus dibayar oleh perusahaan Reksa Dana dan ini dibutuhkan I s\iatu perencanaan yang baik Hal ini dapat dilakukan dengan suatu langkah-Iangkah manajemen yang terintegrasi dan upaya perencanaan untuk mengurangi beban pajak y~ng seringkali disebut dengan Tax Planning. Tax Planning dilakukan dengan m~manfaatkan pengecualian-pengecualian dan celah-celah perpajakan (loopholes) yang diperbolehkan oleh Undang-Undang no.17 Tahun 2000 tentang Pajak Pepghasilan sehingga tax planning tersebut tidak dianggap sebagai pelanggaran yang akan merugikan Wajib Pajak dan tidak mengarah pada penggelapan pajak \ Motodologi penelitian yang digunakan adalah descriptive research dengan pe~dekatan kualitatif Pendekatan ini digunakan karena pendekatan kualitatif menitikberatkan pada pemahaman peneliti dan tidak bisa mempengaruhi objek I pentrlitian. \ Penelitian ini difokuskan pada upaya penghematan pajak terutang pada PT. "X"\yaitu dengan cara memaksimalkan biaya-biaya fiskal dan menekan jumlah biaya yang tidak diperbolehkan oleh Undang-Undang Perpajakan. Biaya-biaya fiskal yang bisa ~imaksimalkan oleh perusahaan adalah biaya untuk diversifikasi produk yang antar~ lain biaya persiapan, biaya pemasaran, biaya notaris. Sedangkan biaya yang tidak \ bisa dikurangkan adalah biaya sumbangan. Dalam hal biaya sumbangan agar bisa rnenjadi pengurang Penghasilan Kena Pajak perusahaan mengalihkan menjadi biaya \pemasaran dan biaya notaris. Upaya lain yang bisa dilakukan perusahaan adalaJi dengan memberikan tunjangan pajak (PPh 21) atas penghasilan yang diterima oleh karyawan. I \ Skripsi ini berusaha memberikan gambaran mengenai tax planning pada perusal\taan Reksa Dana yang mungkin dapat diterapkan pada PT."X" Jakarta untuk membartu perusahaan dalam meminimalkan jumlah pajak tcrutang yang harus dibayarkan oleh perusahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 103 04 Kus p (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: Tax Planning; PPh
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Irma Dwi Kusumawati, 049912723 -EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHeru Tjaraka, Drs., H., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Jan 2017 01:23
Last Modified: 23 Jan 2017 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51634
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item