PERLAWANAN TERSEMBUNYI BURUH PABRIK (Studi Kasus Di PT. Surabaya Agung Pulp & Kertas)

MOKH. SAMSUL HUDA, 079314197 (1998) PERLAWANAN TERSEMBUNYI BURUH PABRIK (Studi Kasus Di PT. Surabaya Agung Pulp & Kertas). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS S 344-98 PRA P.pdf

Download (725kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejarah kehidupan manusia diwarnai dengan adanya pertenlangan kelas yang liada pernah berakhir karena adanya perbedaan kekayaan dan kekuasaan anlara kelas penguasa dan yang dlkuasai. Pada negara yang mengutamakan pertumbuhan ekonoml seperU Indonesia Inl. Seklor Industri dapal berkembang dengan pesat dengan adanya penanaman modal modal yang besar. Konsekuensinya timbul kelompok masyarakal baru dalam jurnlah yang besar yaitu kelas pekerja. Namun kelas pekerja, selalu berada pada poslsl yang lemah dan mudah dieksploHasl karena jumlah lenaga kerja yang lersedla leblh banyak darl daya serap lapangan kerja baru akibat jum lah pendduduk yang berkembang pesat dan juga tldak adanya komitmen pemerinlah Indonesia dalam melindungl dan meningkatkan kesejahteraan buruh. Akibatnya buruh berusaha untuk menuntut haknya dengan protes dan perlawanan yang dapal mereka anggap dapat sebagi pelampiasan terhadap tekanan hidup dan pekerjaannya yang tidak memuaskan. Penelitlan Inl tenlang perlawanan lersembunyi buruh yang terjadl di PT. Surabaya Agung Pulp & Kertas yang terletak di Oesa Oriyorejo Gresik. Seberapa hal yang menyebabkan ketidakpuaan buruh adalah upah yang rendah dan kondisl kerja yang tidak menyenangkan. Sentuk perlawanan yang serlng dllakukan buruh adalah sabotase, slow down. pencurlan kecll-kecllan dan berpura-pura. Dengan senjata-senjata yang nampaknya tJdak berart! Inl, namun dalam Jangka panjang sangat merugikan perusahan. Untuk menghllangkannya atau minimal menguranginya adalah adanya nlat baik pihak perusahhan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh » lerutama upah karena pada dasarnya buruh dapat merasakan adanya nlat balk perusahaan atau memang hanya Ingin mengeksploltasi buruh. Suruh melakukan perlawanan lersembunyl. menghindarl pertentangan langsung. Hal tersebut dianggap lebih aman dari pada perlawanan terbuka yang mengundang perhatian dengan hasll yang belum pasti dan beresiko besar yaitu PHK ataupun pengucllan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 348/98 Hud p
Uncontrolled Keywords: HIDDEN RESISTANCE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6350-6940.7 Trade unions. Labor unions. Workers' associations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
MOKH. SAMSUL HUDA, 079314197UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSUDARSO, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 23 Jan 2017 19:55
Last Modified: 16 Jun 2017 18:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51673
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item