PENINGKATAN KEMAMPUAN MILlIER CINA PASCA PERANG DlNGIN (1990 -1995)

Oke lndrayana Trianto, 079414360 (2000) PENINGKATAN KEMAMPUAN MILlIER CINA PASCA PERANG DlNGIN (1990 -1995). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis HI.26-00.Tri p.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pada masa pasca Perang Dingin, ketegangan antara negara adidaya telah mengalami penurunan. Namun penurunan ketagangan tersebut disertai dengan kebijakan pemerintah Gina untuk memodernisasi peralatan militernya, baik dalam jum1ah maupun kualitasnya. Permasalahan yang diangkat adalah mengapa Gina berusaha untuk meningkatkan iumlah maupun mutu dati kernampuan militernya pada masa pa.sca Perang Dingin sete1ah se1ama satu dekade pelaksanaan modernisasi empatnya, bidang pertahanan tidak begitu mendapatkan prioritas utama. Tujuan dati penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang bagaimana perkembangan rniliter Gina pasca Perang Dingin dan berusaha untuk menjelaskan f"nomena di atas. Tingkat analisis yang digunakan adalah tingkat analisis nagara, karena menekankan pada perilaku negara Gina, ditambah dengan tingkat analisis sistemik karena adanya faktor dati luar yang mempengaruhi peningkatan militer Gina. Untuk menjelaskan fenomena tersebut di atas, penulis mendasarkan pada teori dan konsep yang ada. Konsep yang digunakan adalah Konsep Keamanan Nasional dati Barry Buzan dan Konsep Kepentingan Nasional dati H.J. Morgenthau dan T.W. Robinson. Semen tara itu teori yang digunakan adalah Teori Struggle for Power dari Morgenthau. Untuk lebih mempersempit iangkauan penelitian maka penelitian ini membatasi pada kurun waktu antara tahun 19901995 karena pada tahun 1990 Perang Dingin telah berakhir dan modernisasi fl'liliter Gina mu1ai terlihat. Data-data yang digunakan oleh penulis dalam melengkapi dan menganalisis permasalahan di atas merupakan data yang diperoleh dari bahan kepustakaan. PadaBab II, penulis memberikan suatu gambaran atau data tentang peningkatan militer Gina pasca Perang Dingin, baik itu konvensional maupun senjata nuklir, dan doktrin militer Gina. Pada Bab se1anjutnya penulis memberikan data-data tentang isu seputar masalah keamanan nasional Gina. Masalah keamanan nasional Gina yang diangkat adalah masalah .Laut Gina Selatan dan Masalah Taiwan. Penarikan Pasukan AS juga digunakan sebagai data yang dapat mendukung penelitian. Kemudian data-data tersebut dianalisis pada bab berikutnya. Beroasarkan temuan data yang ada, dapat disimpulkan bahwa setelah pasca Perang Dingin Gina memang berusaha untuk mempertahankan wilayahnya dari adanya ganguan dari pihak asing, selain adanya kebutuhan Gina akan minyak pada masa mendatang, dan untuk memperoleh kedudukan yang strategis setelah pasca Perang Dingin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 26-00 Tri p
Uncontrolled Keywords: CHINA - ARMED FORCES
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K4720-4780 National defense. Military law > K4725-4734 The military establishment. Armed forces
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Oke lndrayana Trianto, 079414360UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDI. Basis Susllo, Drs. , M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 23 Jan 2017 20:36
Last Modified: 23 Jan 2017 20:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51675
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item