PROFIL WANITA PEGAWAI BANK (SUATU STUDI KASUS TENTANG INTERAKSI SOSIAL DI BANK DUTA SURABAYA)

DESSY PRASETYANINGTYAS, 079313850 (1998) PROFIL WANITA PEGAWAI BANK (SUATU STUDI KASUS TENTANG INTERAKSI SOSIAL DI BANK DUTA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS S 344 -98 PRA P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada kenyataan saat ini terlihat adanya kecenderungan semakin banyak wanita yang turut terjun dalam dunia perbankan. Hal ini menunjukkan bahwa bank-bank tidak hanya didominasi kaum pria saja tapi kaum wanita juga banyak yang turut serta didalamnya. Dalam dunia perbankan, kecenderungan bank menggunakan tenaga wanita tidak lain sebagai upaya untuk memberikan pelayanan yang baik. Bank dalam merekrut pegawai wanita, tentunya pilihan akan jatuh pada wanita yang menarik. pandai bergaul, pintar berkomunikasi, berpenampilan menarik, serta ramah yang akan dapat menarik bagi nasabah. Berbicara mengenai bank apalagi jika dikaitkan dengan wanita akan jauh lebih kompleks dan menjadi masalah yang menarik untuk dibahas. Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana karakteristik sosial ekonomi wanita pegawai bank, apakah yang melatarbelakangi wanita bekerja di bank, serta bagaimana interaksi sosial yang terjadi antara 'rlanita dan pria di bank (di tempat kerjaL Penelit1an ~n~ pada dasarnya bertujuan untuk menggambarkan serta memahami bagaimana kehidupan wanita yang bekerja di bank. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik analisa data secara kualitatif. Penelitian ini merupakan studi kasus yang sasaran penelitiannya adalah para wanita pegawai bank di Bank Duta Cabang Pemuda Surabaya, dengan unit analisisnya pada individu. Untuk pengumpulan data didapat dari data primer yang merupakan hasil wawancara dengan responden dan data sekunder diperoleh dari data-data yang ada d1 Bank Duta. Setelah diadakan penelit1an terhadap 50 responden diperoleh hasil sebagai ber1kut : 1. Dipandang dari karakter1st1k sosial ekonomi. responden disini cenderung mem11iki status sos1al ekonomi yang tergolong dalam kelas menengah. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat pendidikan yang tinggi, tingkat pendapatan dan pemi11kan barang yang cukup t1nggi. 2. Latar belakang responden bekerja di bank ternyata bervariasi. Pada umumnya keinginan menjadi pegawai bank merupakan cita-cita responden sebelumnya. Sedangkan alasan utama responden tertarik menjadi pegawai bank ternyata leb1h cenderung dikarenakan adanya pember1an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 344/98 Pra p
Uncontrolled Keywords: BANK EMPLOYEES, SOCIAL INTERACTION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
DESSY PRASETYANINGTYAS, 079313850UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEMY SUSANTI, Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 23 Jan 2017 20:12
Last Modified: 23 Jan 2017 20:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item