PROFIL MAHASISWA YANG BEKERJA DI LUAR JAM-JAM KULIAH (Studi Komparasi antara Lama Studi dan Kecepatan Memperoleh Pekerjaan di antara Mahasiswa yang Bekerja dan yang tidak Bekerja)

NENIE TRISNANI, 079314038 (1998) PROFIL MAHASISWA YANG BEKERJA DI LUAR JAM-JAM KULIAH (Studi Komparasi antara Lama Studi dan Kecepatan Memperoleh Pekerjaan di antara Mahasiswa yang Bekerja dan yang tidak Bekerja). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS S 345-98 TRI P.pdf

Download (753kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan satuan pendidikan yang bertungsi untuk mengembangkan sumber daya manusla. yang dalam hal inl disebut peserta dldlk. Peranan pengembangan sumber daya manusia yang dimainkan oleh Perguruan, Tinggi amat besar artinya dalam pembangunan negara dan masyarakat modern. Disamplng itu pendidikan dan keahlian benar-benar menentukan posisl pekerjaan seseorang. Banjlr sarjana tlap tahun dar\ berbagal untversltas, sementara lapangan kerja sangat minim, memperketat persaingan dalam mendapatkan lowongan kerja di dalam pasar kerja, Dan inilah salah satu problem yang dihadapi oleh kalangan sarjana. Di sis; lain di antara berbaga; kesibukannya dalam dunia kampus, ternyat.a ada sejumlah mahasiswa yang juga bekerja, baik di sektor formal maupun Informal Fenomena ini yang kemudian memunculkan permasalahan: 1. Apakah ada perbedaan lama studi antara mahasiswa yang bekerja selama masa studinya dibandingkan dengan yang tidak bekerja? 2. Apakah ada perbedaan kecepatan memperoleh pekerjaan setelah lulus sarjana antara mahasiswa yang bekerja selama masa studinya dengan yang tidak bekerja? 3. Faldor-faldor apakah yang mempengaruhi kecepatan dalam menyelesaikan studi? Sedangkan teori yang dipaka; untuk membahas adalah fungsi tindakan dar; R.K. Merton dan ketiadaan persamaan soslal dar; Davis dan Moore. Penelitian Ini termasuk penelitian komparatif yang merupakan jenis penelltlan yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang apakah ada perbedaan nilai suatu variabel berdasarkan klasifikasi subyek. Wilayah penelitian dibatasi pada daerah Kodya Surabaya, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan metode shopping list. Data dalam penelltian Inl dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara dan wawancara mendalam serta penggunaan data sekunder. Ulltuk analisis data digunakan uji statlstik chi-kuadrat (XL) untuk 2 sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan: pertama, terdapat perbedaan lama studi antara mahasiswa yang bekerja selama masa studinya dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak bekerja, dengan nila; perbedaan sebesar 0.18. Mahasiswa yang bekerja cenderung lebih lama masa studinya dibandlngkan dengan mahaslswa yang tldak bekerja selama masa studinya. Kedua, terdapat perbedaan kecepatan memperoleh pekerjaan setelah lulus antara mahasiswa yang bekerja selama masa studinya dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak bekerja dengan nllai perbedaan sebesar 0,20. Mahaslswa yang bekerja cenderung lebih cepat memperoleh pekerjaan dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak bekerja. Ketiga, kecepatan menyelesaikan studl respoden dlpengaruhl oleh faktor-faktor frekuensi mengikuli perkuliahan dengan cermat, intensitas mengerjakan tugas, serta intensitas membawa dan memlllJam buku ke perpustakaan. Hal In! berJaku balk pada mahasiswa yang bekerja semasa kullah, maupun mahaslswa yang tidak bekerja selama masa kuliah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 345/98 Tri p
Uncontrolled Keywords: PARTTIME
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
NENIE TRISNANI, 079314038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI. B. WIRAWAN, Drs., SUUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 23 Jan 2017 22:58
Last Modified: 16 Jun 2017 18:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51705
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item