PELANGGARAN TERHADAP UU/PERATURAN BERLALU LlNTAS DAN CARA PENYELESAIANNYA (STUDI KASUS DI KELURAHAN SIMOMULYO KODYA DATI II SURABAYA)

KUNTUM DYAH CAHYANI, 079313897 (1998) PELANGGARAN TERHADAP UU/PERATURAN BERLALU LlNTAS DAN CARA PENYELESAIANNYA (STUDI KASUS DI KELURAHAN SIMOMULYO KODYA DATI II SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS S 347-98 CAH P.pdf

Download (733kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Alasan utama mengapa penelitian inj dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik para pelanggar lalu lintas dan bagaimana cara penyelesaian pelanggaran lalu lintas yang dimaksud oleh pelanggar. Cara penyelcsaian pelanggaran lalu lintas seringkali tidak sesuai dengan aturan hukum lalu lintas yang ada. Adanya penyimpangan penyelesaian inilah yang ingin diketahui. dan apakah ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Beberapa pertanyaan penelitian yang (hendak) dijawab adalah bagaimana karakteristik responden yang pernah melakukan pelanggaran. apakah ada faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pelanggaran. dan apakah faktor strata sosial ekonomi mempengaruhi pilihan penyelesaian pelanggaran lalu lintas dan cara perolehan SIM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh gamberan tentang karakteristik responden yang pernah melakukan pelanggaran lalu lintas. dan untuk memperoleh gambaran tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi frekuensi pelanggaran, cara penyelesaian pelanggaran, dan cara perolehan SIM. Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di wilayah Kelurahan Simomulyo. Kodya DATI II Surabaya. Populas! penelitian adalah semua Kepala (semua anggota) Keluarga. baik yang mempunyai kendaraan maupun tidak mempunyai kendaraan bermotor. Sampel penelitian adalah mereka yang dalam aktifitas sehari-hari selalu menggunakan kendaraan bermotor. Teknik Pengumpulan data adalah wawancara dengan menggunakan alat berstruktur yaitu kuisoner untuk memperoleh data primer. juga koleksi data sekunder. Dalam penelitian in; diperoleh hasil bahwa karakteristik responden yang pernah melanggar umumnya pria. berpendidkan tinggi (Iulusan akaderni/universitas). berusia antara 34-47 tahun. dan persentase paling banyak adalah respond en sudah menikah dan telah mempunyai pekerjaan tetap. Selain itu. dalam penelitian ini diperoleh hasit bahwa faktor-faktor yang terbukti berpengaruh terhadap frekuensi pelangaran adalah pengetahuan tentang peiaturan lalV lintas dan cara perolehan SIM. Sedangkan cara perolehan SIM ditentukan oleh status sosial ekonomi (strata sosial) respond en Dengan kata lain. faktor strata sosial terbukti berpengaruh terhadap cara perolehan SIM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 347/98 Cah p
Uncontrolled Keywords: TRAFFIC REGULATIONS
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV8031-8080 Police duty. Methods of protection > HV8079.5-8079.55 Traffic control. Traffic accident investigation
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
KUNTUM DYAH CAHYANI, 079313897UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMUSTA'IN MASHOED, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 24 Jan 2017 22:48
Last Modified: 16 Jun 2017 19:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51748
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item