ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INVESTASI PEMERINTAH DI BIDANG INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI JALAN DI PROVINSI JAWA TIMUR

ADITYO MEGANTORO, 040217440 (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INVESTASI PEMERINTAH DI BIDANG INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI JALAN DI PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-megantoroa-8746-abstract-8.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
gdlhub-gdl-s1-2009-megantoroa-8551.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-megantoroa-8551.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dapat dicapai dengan melakukan pembangunan nasional di berbagai bidang. Penciptaan pembangunan infrastruktur transportasi jalan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang diharapkan, tidak terlepas dari peran pembangunan yang dilakukan oleh masing-masing daerah. Hal ini dapat dilakukan melalui pembangunan (khususnya pembangunan infrastruktur transportasi jalan yang berkelanjutan) yang serasi dan terpadu antar sektor, antar daerah, serta antar wilayah dalam rangka untuk mencapai tujuan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Dari uraian tersebut. maka tujuan penelitian ini adalah " untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi investasi pemerintah di bidang infrastruktur transportasi jalan di Provinsi Jawa Timur" Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data mengenai Anggaran, volume kendaraan (AADT), panjang jalan, dan PDRB dan investasi pemerintah di Provinsi Jawa Timur dalam data runtun waktu (time series) selama 20 (dua puluh) tahun, yaitu tahun 1986 sampai dengan 2005. Teknis analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan uji statistik uji F (secara simultan) dan uji t (secara Parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Anggaran (X1), Volume Kendaraan (AADT) (X2), Panjang Jalan (X3) berpengaruh terhadap Investasi (Y) dengan ditunjukkannya nilai F hitung (282,920) lebih besar dari F tabel (3,41). Variabel PDRB tidak dimasukkan dalam model hal ini karena PDRB (X4) mempunyai nilai probabilitas sebesar 0,745 lebih besar dari taraf signifikan yaitu 0,05 sehingga PDRB (X4) tidak dimasukkan dalam persamaan tersebut dan variabel PDRB pada asumsi klasik menyababkan terjadinya multikolineritas. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Anggaran, Volume Kendaraan (AADT) dan Panjang jalan > tabel 2,1604 maka Ho ditolak pada level of significant 5 %. Sehingga secara parsial berpengaruh terhadap investasi. Sedangkan faktor yang paling berpengaruh adalah anggaran (X1) Translation: The high economic growth will be reachable by doing the national development in various areas. The establishment of infrastructure transportation development to reach the expected economic growth is not irrespective of the development that has been done by each area. This can be done through the compatible and integrated development (especially in an advanced transportation infrastructure development) among sectors. interregional, and also the regional for obtaining the higher purpose of economic development. From the description above, hence, the purpose of this research is "to know the factors that influence the investment in the governmental of transportation infrastructure in East Java". The data of the research is data concerning about the budget, volume of vehicle (AADT), length of the road. and PDRB and the governmental investment in East Java in time series during 20 (twenty) years, from 1986 to 2005. The technique of analysis is paired linear regression technique with F test statistic (simultaneously) and t test (partially). The result shows that variable of budget (XI), volume of vehicle (AADT) (X2), length of the road ( X3) are simultaneously influence to investment (Y) from the result of F (282,920) whisk is bigger than F tables (3,41). PDRB Variable is not contained in this model because PDRB (X4) has the probability value 0,745 which is bigger than significant level 0,05 and PDRB variable at the classic assumption causes multikolinerity. The partially test shows that availability variable of budget, volume of vehicle (AADT) and length of the road > t - table 2,1604 hence Ho is declined from the level of significant 5 %. Thus, it is partially influence to investment. Meanwhile, the most influence factor is budget (X1)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C.24/08 Meg a
Uncontrolled Keywords: TRANSPORTATION; INVESTMENT; ECONOMIC DEVELOPMENT
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ADITYO MEGANTORO, 040217440UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSOEKARNOTO, Dr., SE.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 23 Jan 2009 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item