PEMANFAATAN LIMBAH FESES SAPI POTONG DAN SAMPAH ORGANIK SEBAGAI BAHAN BAKU BRIKET BIOARANG

HARTONO, 069311959 (1998) PEMANFAATAN LIMBAH FESES SAPI POTONG DAN SAMPAH ORGANIK SEBAGAI BAHAN BAKU BRIKET BIOARANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 1143-98 HAR P.pdf

Download (653kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat briket bioarang dari limbah feses sapi potong dan sampah organik dengan metode konvensional serta sedikit modofikasi, untuk membuktikan bahwa limbah feses sapi potong dan sampah organik dapat dipakai untuk bahan baku briket bioarang sebagai bahan bakar yang bernilai ekonomi tinggi. Bahan baku yang digunakan dalam penelitian ini adalah limbah feses sapi potong dan sampah organik. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan lima perlakuan dan empat kali ulangan. Kelima perlakuan tersebut adalah perlakuan A (komposisi sampah organik 100%), perlakuall B (komposisi sampah organik 75% dan feses sapi potong 25%), perlakuan C (komposisi sampah organik 50% dan feses sapi potong 50%), perlakuan D (komposisi sampah organik 25% dan feses sapi potong 75%), perlakuan E (komposisi feses sapi potong 100%). Untuk memudahkan penyulutan briket ditambahkan bahan natrium nitrat serta ditambahkan juga bentonit agar bentukan briket kuat dan waktu membara lebih lama. Kemudian bahan tersebut di campur dan diberi kanji sebagai perekat dan dicetak menjadi bentuk briket. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian terhadap pendidihan air dan lama waktu briket bioarang membara, disamping dilakukan pengamatan secara organoleptis terhadap briket bioarang Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan A mempunyai hasil terbaik dalam lama waktu membara yang tidak berbeda dengan perlakuan B, sedangkan untuk waktu pendidihan air, perlakuan A menunjukkan waktu tercepat yang tidak berbeda nyata dengan perlakuan B dan C, tetapi berbeda nyata dengan perlakuan D dan E.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 1143/98 Har p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
HARTONO, 069311959UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantGarry Cores de Vries, MS., MSc.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 24 Jan 2017 22:04
Last Modified: 24 Jan 2017 22:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51788
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item