NARASI NllAl-NILAI DIBALIK PEMILIHAN DAN PENGISAHAN TOKOH-TOKOH YANG DIANGKAT PADA RUBRIK PROFIL DI HARlAN KOMPAS (Studi AnAlisis Wacana nilai-nilai dibalik pemilihan dan pengisahan Tokoh-Tokoh yang diangkat pada rubrik Profil di Harian Kompas)

NI KOMANG ARIANI, 079815659 (2002) NARASI NllAl-NILAI DIBALIK PEMILIHAN DAN PENGISAHAN TOKOH-TOKOH YANG DIANGKAT PADA RUBRIK PROFIL DI HARlAN KOMPAS (Studi AnAlisis Wacana nilai-nilai dibalik pemilihan dan pengisahan Tokoh-Tokoh yang diangkat pada rubrik Profil di Harian Kompas). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 01-03. ari n.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Rubrik yang menarnpilkan tokoh-tokoh senantiasa menjadi bagian dari ruang-ruang da1arn surat kabar, sehingga dalarn dunia jumalistik dikenal dengan adanya biographical feature, yaitu suatu format feature tertentu yang mengisahkan tokoh-tokoh tertentu. Rubrik ProID, tidak seperti rubrik-rubrik serupa di surat kabar lain yang banyak mengangkat figur-figur publik, tokohtokoh dari kalangan masyarakat kebanyakan yang juga banyak yang diangkat dalam Rubrik ini. Pengangkatan tokoh-tokoh menjadi subjek biografi, pada dasarnya adalah upaya media untuk menghadirkan tokoh-tokoh tersebut sebagai model peranan, upaya media untuk menarasikan nilai-nilai yang mengandung unsur pendidikan melalui penelusuran bagaimana keberhasilankeberhasilan dicapai, kepada kbalayaknya sebagai bagian tanggungjawab sosial pers. Karenanya, menarik untuk diteliti bagaimanakah narasi nilai-nilai dibalik pemilihan dan pengisahan tokoh-tokoh yang diangkat di Rubrik prom, dan bagaimana faktor ideologis Kompas dan faktor sosial kultural direpresentasikan dalam pemilihan dan pengisahan tokoh-tokoh yang diangkat da1arn rubrik ini. Dalam penelitian ini, tinjauan pustaka yang digunakan yaitu, Berita sebagai Konstruksi Sosial, Feature, Media sebagai Institusi Sosial dan Institusi Ideologi, Penelitian Biografi, Representasi Model Peranan di Media Massa, Analisis Wacana, Analisis Wacana Model Teun van Dijk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana dengan pendekatan Kognisi Sosial yang disusun oleh Teun van Dijk. Objek penelitian dipilih melalui representiveness/ keterwakilan dari jenis-jenis tokoh, kelas dan perempuan, maka ada enam feature biografis yang dianalisis dalam penelitian ini. Da1am penelitian ini, diperoleh temuan, bahwa dibalik pemilihan dan pengisahan tokoh-tokoh di Rubrik prom, yang diupayakankan menarasikan nilai-nilai yang dapat mendidik pembaca, ternyata secara laten-Iaten juga lfit:l1afas.i.ka.n nilai-nilai yan.g merupaian manifestasi faktor ideologis media dan faktor sosial kultural da1arn masyarakatnya. Ternarasikannya nilai-nilai tentang relasi jender, relasi kelas, keberpihakan terhadap ideologi tertentu, penghadiran selera dan budaya kelas tertentu secara dominan. Ternyata tokoh-tokoh yang dipilih dalam rubrik ini sebagian besar adalah tokoh-tokoh dari kalangan kelas menengah, yaitu kalangan profesional dan akademis, sementara pengangkatan tokoh-tokoh kelas bawah bersifat additional, karena didorong ideologi keberpihakan terhadap kalangan bawah. Gaya hidup, standar dan nilai yang hadir secara dominan adalah paradigma kelas menengah. Dengan demikian media semestinya mencoba melakukan pemaharnan yang lebih komprehensif terhadap penggunaan bahasa, pilihan kata, retoris, yang tidak menimbulkan citra yang bias dan relasi yang tidak setara, juga agar bahasa dan kata-kata yang digunakan dapat dipahami oleh pembacanya dengan heterogenitas identitas dan latar belakang budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 01-03
Uncontrolled Keywords: FIGURES
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NI KOMANG ARIANI, 079815659UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDYuyun W I Surya, S.Sos , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 25 Jan 2017 20:49
Last Modified: 25 Jan 2017 20:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51858
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item