LATAR BELAKANG PENDIRIAN KORAN BERBAHASA MANDARIN SEBAGAI SURAT KABAR BERBASIS ETNIS TlONGHOA DIINDONESIA (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP PENERBITAN KORAN CHENG BAO)

AGUSTINUS EKO RAHARDJO, 079514879 (2002) LATAR BELAKANG PENDIRIAN KORAN BERBAHASA MANDARIN SEBAGAI SURAT KABAR BERBASIS ETNIS TlONGHOA DIINDONESIA (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP PENERBITAN KORAN CHENG BAO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 02-03. rah l.pdf

Download (128kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Kehidupan berbangsa sebuah kelompok masyarakat dapat dilihat seberapa jauh kelompok itu memiliki pengenalan dan pemahaman yang cukup kuat terhadap akar budayanya. Kecintaan dan rasa nasionalisme itu terwujud melalui pengembangan kebudayaan leluhur scrta mewariskannya kcpada generasi bcrikutnya, mcski mungkin secara politis telah berada di wilayah hukum dan menjadi warganegara dari negara lain. Fenomena inilah yang dialami kelompok Etnis Tionghoa di Indonesia, yang selama lebih dan tiga dasawarsa kehilangan jati diri dan identitas kultural akibat kebijakan ideologi dan politik pemenntah yang melarang penggunaan budaya leluhur mereka di banyak sektor kehidupan. Kekhawatiran akan punahnya identitas diri inilah yang melatarbelakangi pend irian media massa berbasis Etnis Tionghoa, setelah kebijakan politik di Indonesia mengalami perubahan yang cukup positif bagi mereka. Hadimya Chengbav yang sekaligus menjalankan dua fungsi terhadap kondisi sosial pohtik masyarajat Tionghoa, pada awal pendinannya diharapkan dapat menggali dan melestankan nilai-nilai budaya asal, serta secara tampilan isi dapat membuka wacana dan wawasan politik kelompok Tionghoa. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam kepada pemimpin umum, pemimpin redaksi, dan seorang tokoh masyarakat Tionghoa Surabaya mewakili kalangan pembaca (komunikan). Hasil yang dicapai dan penelitian ini diharapk~n dapat menemukan kekuatan, kelemahan, dan juga prospek koran etnis untuk menjalankan fungsinya sebagai penyambung kebudayaan tanpa harus menimbulkan kesan eksklusivisme di tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 02-03 Rah l
Uncontrolled Keywords: ETHNIC
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AGUSTINUS EKO RAHARDJO, 079514879UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDLiestianingsih D, Dra , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 25 Jan 2017 22:17
Last Modified: 25 Jan 2017 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51862
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item