KESESUAIAN AGENDA MEDIA SURAT KABAR JAWA POS DENGAN AGENDA PUBLIK MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA (STUDI AGENDA SETTING TENTANG ISU-ISU POLITIK YANG DIANGGAP PENTING OLEH HARlAN JAWA POS DAN ISU·ISU POLITIK YANG DIPERBINCANGKAN OLEH MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA SELAMA TANGGAL 1-14 FEBRUARI 2000)

RETNO WULANDARI, 079314777 (2000) KESESUAIAN AGENDA MEDIA SURAT KABAR JAWA POS DENGAN AGENDA PUBLIK MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA (STUDI AGENDA SETTING TENTANG ISU-ISU POLITIK YANG DIANGGAP PENTING OLEH HARlAN JAWA POS DAN ISU·ISU POLITIK YANG DIPERBINCANGKAN OLEH MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA SELAMA TANGGAL 1-14 FEBRUARI 2000). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 32-00. wul k.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pengaruh surat kabar saat ini terasa lebih kuat, karena sebagai masyarakat modern, individu memperoleh banyak informasi tentang dunia dari surat kabar. Kepercayaan khalayak terhadap surat kabar begitu kuat. Surat kabar sebagai salah satu bentuk media massa, mampu mengubah citra khalayaknya tentang lingkungan mereka dan memberikan perincian analisis dan tinjauan yang mendalam tentang berbagai peristiwa. Karena adanya penjelasan surat kabar tersebut mengurangi ketidakpast dan bisa menentukan mana isu yang penting dan mana yang tidak. Karena itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian agenda setting ini. Penelitian agenda setting berhubungan dengan persepsi khalayak. memilih berita tertentu dan mengabaikan yang lain, surat kabar membentuk citra atau gambaran.t9ntang dunia seperti yang disajikan dalam surat kabar. Agenda setting memiliki asumsi dasar bahwa agenda media mempengarUhi agenda publik. Di mana maksudnya adalah isu-isu yang ditonjolkan oleh media akan dianggap penting oleh publ untuk dibicarakan. Maka dari penelitian berusaha mencari kesesuaian antara isu-isu politik yang ditonjolkan di halaman muka surat kabar Jawa Pos sebagai agenda media dengan isu-isu politik yang diperbincangkan oleh mahasiswa FISIP lJNAIR Surabaya sebagai agenda publik selama periode tanggal 1 14 Februari 2000. Untuk melakukan penelitian ini dipakai beberapa teori antara lain teori Fungsi Agenda Setting, Konsep Penjagaan Gerbang, dan Kondisi .~tara. Metodologi yang digunakan adalah metodologi kuantitatif dengan menggunakan dua metode yaitu metode analisis isi untuk mengukur agenda media dan metode survei untuk mengukur agenda publik. Penelitian ini menggunakan total sampling untuk agenda media dan teknik proporsional sampling untuk agenda publik dengan 94 responden. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat kesesuaian antara agenda media dengan isu politik yang dianggap penting oleh responden sebagai agenda publik. Kemudian antara agenda media dengan isu politik yang dianggap penting dan didiskusikan oleh responden sebagai agenda publik juga terdapat kesesuaian. Tetapi antara agenda media dengan isu politik yang dianggap penting dan sering didiskusikan oleh responden tidak terdapat kesesuaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 32-00 Wul k
Uncontrolled Keywords: NEWSPAPERS - HEADLINES
Subjects: A General Works
A General Works > AN Newspapers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
RETNO WULANDARI, 079314777UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDRachmah Ida, Dra. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Jan 2017 00:15
Last Modified: 26 Jan 2017 00:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51883
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item