HUBUNGAN POLA MENONTON ANIME DAN PERILAKU MEMBACA MANGA PADA ANAK-ANAK (STUDI KORELASI POLA MENONTON ANIME DRAGON BALL DAN PERILAKU MEMBACA MANGA DRAGON BALL PADA MURID KELAS V DAN VI SD CIPUTRA SURABAYA)

RIRIS T.P. WULANDARI., 079S14697 (2000) HUBUNGAN POLA MENONTON ANIME DAN PERILAKU MEMBACA MANGA PADA ANAK-ANAK (STUDI KORELASI POLA MENONTON ANIME DRAGON BALL DAN PERILAKU MEMBACA MANGA DRAGON BALL PADA MURID KELAS V DAN VI SD CIPUTRA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 33-00. wul h.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ADSTRAK Penelitian mengenai hubungan antara pola menonton televisi dan perilaku membaca pada anak-anak telah banyak dilakukan diluar negeri. Berbagai penelltian tersebut menghasilkan beragam kesimpulan. Di Indonesia, masih jarang terdapat penelitian yang menghubungkan antara pola menonton televisi dan perilaku membaca pada anak·anak. Penelitian ini berlangsung untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tcrsebut di Indonesia, mengingat Indonesia memiliki budaya dan karakteristik berbeda dengan negara dimana telah diadakan penelitian serupa. Penelitian disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan budaya masyarakat Indonesia. Dari beberapa penelitian lain dinyatakan bahwa anak-anak menyukai membaca komik dan menonton film kartun. Hal ini menjadi dasar mengapa penelitian ini mengambil obyek film kartun dan komik. Dragon Ball dipiIih berdasarkan beberapa pertimbangan yaitu rating acara anime Dragon Ball termasuk tinggi sedangkan dari segi penjualan manga termasuk terlaris. Cerita Dragon Ball di {mime dan manga sarna, selain itu centa Dragon Ball bersambung terus sehingga diasumsikan penonton maupun pembacanya akan mengkonsumsinya terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan antara pola menonton anime Dragon Ball dengan perilaku membaca manga Dragon Ball pada anak-anak. Kerangka teori yang digunakan adalah Uses and Gratijlcalion, televisi sebagai media massa, film animasi sebagai media massa, dan komik sebagai media massa. Digunakan juga kerangka konsep mengenai pola menonton, membaca, anak-anak dan media massa anime, dan manga. Sebagai sampling penelitian adalah murid-murid kelas V dan VI SD Ciputra. Pemilihan murid SD ini dengan asumsi secara finansial dan waktu mereka bisa mengkonsumsi baik anime maupun manga. Sampling yang diambil adalah total sampling dengan tujuan agar hasilnya dapat mendekati kenyataan sebenamya. Untuk anal isis data digunakan Korelasi Tata Jenjang Spearman yang sesuai untuk data dengan skala ordinal. Hasilnya kemudian diuji signifikansi untuk mcncmukan ada atau tidak ada hUbungun. Data nominal digunakan untuk mcmperkaya anal isis data. Hasil penelitian ini adalah adanya hubungan antara pola menonton anime Dragon Ball dengan perilaku membaca manga Dragon Ball pada anak-anak . .lenis hubungan yang terjadi adalah lemah tapi pasti, dalam arti polanya masih terlihat jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 33-00Wul h
Uncontrolled Keywords: ANIMATED FILM - READING
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
RIRIS T.P. WULANDARI., 079S14697UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDYan Yan Cahyana, Drs,.MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Jan 2017 00:25
Last Modified: 26 Jan 2017 00:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51885
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item