SUMBER INFORMASI, PENGETAHUAN, DAN PENGGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA PENGGUNA NARKOBA KOTA SURABAYA (Studi Korelasional Antara Tingkat Pengetahuan TentangNarkoba Dengan TingkatPenggunaan Narkoba di Kalangan Remaja Pengguna Narkoba Kota Surabaya)

EVA SARI DEWI, 079634990 (2000) SUMBER INFORMASI, PENGETAHUAN, DAN PENGGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA PENGGUNA NARKOBA KOTA SURABAYA (Studi Korelasional Antara Tingkat Pengetahuan TentangNarkoba Dengan TingkatPenggunaan Narkoba di Kalangan Remaja Pengguna Narkoba Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 34-00. dew s.pdf

Download (187kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Masalah narkoba saat ini sudah menjadi masalah yang mendesak untuk segcra ditangani, karena dari data terakhir yang berhasil dihimpun GRANAT (Gerakan Nasional Anti Narkoha) bahwa sebanyak 2 juta masyarakat termasuk pecandu narkoba, belum termasuk yang tidak tercakup. Dan dan data tersebut menyatakan' pula bahwa sebagian besor.yang paling rawan menggunakan narkoba adaJah golongan usia rem8:ia. Hal ini dapat dimaklumi karena remaja berada pada masa peralihan dari anak-artak menjadi dewasa, di mana pada masa tersehut mereka selaJu ingin menunjukkan siapa dirinya. ingin mencoba sesuatu yang baru tanpa memikirkan akihatnya, Perulnusan masalah dalam penelitian ini adaJah sumber infoTmasi mana sajakah yang digunakan oleh remaja untuk mendapatkan pengetahuan tentang narkoba, dan apa sajakah pengetahnan ten tang narkoba yang dimihki oleh remaja pengguna narkoba di Surabaya selta apakah terdapat hubungan antara tingkat pcngetahuan tentang narkoba dengan tingkat penggunaan naTkoba di kalangan remaja pengguna narkoba kota Surabaya. Penelitian 1"i bertujuan untuk mengetahui tentang sumber informasi apa saja y~ng digunakan oleh remaja untuk memperoleh pengetahuan tentang fyukoba . .fuga untuk rnengetahui bagaimana pengetahuan rem8:ia di kota SUTabaya tentang narkoba. Serfa untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tingkat peng~tahtlan ten tang narkoba dengan tingka.t penggunaan narkoba di kalangan re,\'aja ,pengguna narkoba kota Surabay~. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antura lain Komunikasi Sebagai Proses, Tingkat Pengetahuan, TeoTi S-O-R, Sumber fnfonnasi Sebagai Stimulus dalam Kajian Model S-O-R, Penerimaan Infimnasi, dan Psikologi Rem~ia. Penelit.ian ini merupakan penelitian survai dengan menggunakan tipe korelasiona1. Penetapan populasi peneHtian dengan menggunakan metode purposive sampling, selanjutnya sampel penelitian ditetapkan dengan rUTllUS Yamane, dan unit analisisnya adalah individu. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan sebagai data pelengkap. Peng~jian hipotesis dilakukan dengen teknik Chi Kwadrad melalui pcrhitungan manuaL Sesuai dengan perumusan masalah dalam penelitian ini yakni hubungan antara tingkat pcngetahuan tentlmg narkoba dengan tingkat penggunaan narkoba di kalangan remaja pengguna narkoba kota Surabaya, maka hasil pene1itian yang diperoleh adalah sumber infonl18si yang digunakan remaja untuk mendapatkan informasi tentang narkoba berasal dari surat kabar, media cetak lain selain surat kabar, radio, televisi, sumber lain seperti teman, guru/dosen. Pengetahuan tentang narkoba yang dimiliki oleh remaja. pengguna naTkoba di Surabaya berupa pengertian narkoba, jenis/macam narkoba, efek penggunaan narkoba, resiko/hahaya penggunaan narkoba, cara penggunoan narkoba, dan sanksj secara Imkum jika menggunakan salah satl! jenis narkoba secara pribadi. TeTdapat hubungan mItara tingkat pengetatnian tentang narkoba dengan tingkat penggunaan narkoba pengguna narkoba di kola S\lHlbaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 34-00 Dew s
Uncontrolled Keywords: ADOLENCES
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV8301-9920.7 Penology. Prisons. Corrections > HV9051-9230.7 The juvenile offender. Juvenile delinquency. Reform schools, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
EVA SARI DEWI, 079634990UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDHENRY SUBIAKTO,, Drs. SH, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Jan 2017 00:36
Last Modified: 26 Jan 2017 00:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51890
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item