PELAKSANAAN FUNGSI KONTROL SOSIAL PERS TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH KOTAMADYA SURABAYA (Studi Analisis lsi tentang Suplemen Metropolis Jawa Pos Periode November 1999 -Februari 2000)

NI NENGAH TANTI, 079414340 (2000) PELAKSANAAN FUNGSI KONTROL SOSIAL PERS TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH KOTAMADYA SURABAYA (Studi Analisis lsi tentang Suplemen Metropolis Jawa Pos Periode November 1999 -Februari 2000). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 35-00. tan p k.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pers mengemban fungsi kontrol sosial. Dalam pemberitaannya, pars seyogyanya berpihak pada kebenaran dan keadilan, dalam arti pada saat pers memberitakan suatu fakta haruslah berdasarkan pada keadilan dan kebenaran. Berita yang dimuat harus dapat dipertanggungjawabkan kepada publik. Faktor inilah yang menarik perhatian peneliti untuk mengkaji lebih jauh mengenai fungsi kontrol sosial pers terutama yang diberlakukan kepada kebijakan pemerintah daerah dimana pers tersebut beredar. Penelitian ini difokuskan pada kontrol sosial pers terhadap kebijakan pemerintah daerah pada suplemen Metropolis Jawa Pos periode November 1999 -Februari 2000. Ada empat kerangka konsep dalam penelitian ini, yaitu: Pengertian Pers dan Surat Kabar, Kontrol Sosial, Kontrol Sosial terhadap Kebijakan Pemerintah Daerah. dan Dimensi Realitas. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan tingkat analisis deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Jawa Pos yang dipilih karena memiliki oplah teratas dibandingkan dengan surat kabar lain yang terbit di Surabaya. Obyek penelitian adalah berita langsung dalam suplemen Metropolis yang memuat kebijakan pemerintah daerah selama periode November 1999 -Februari 2000. Unit analisis penelitian ini adalah item berita untuk melihat besarnya porsi yang diberikan Jawa Pos sebagai wujud kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah daerah. Populasi penelitian adalah berita-berita langsung tentang kebijakan pemerintah daerah dalam suplemen Metropolis Jawa Pos periode November 1999 Februari 2000 dengan teknik penarikan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar koding. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Jawa Pos telah melaksanakan fungsi kontrol sosialnya terhadap kebijakan pemerintah daerah Kotamadya Surabaya dengan fokus utama pada isu korupsi dan kolusi. Ada kecenderungan bahwa Jawa Pos mendukung kebijakan pemerintah daerah Kotamadya Surabaya yang menguntungkan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 35-00 Tan p
Uncontrolled Keywords: PRESS
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
NI NENGAH TANTI, 079414340UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDHenry Subiakto, Drs., SH. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Jan 2017 00:44
Last Modified: 26 Jan 2017 00:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item