KEPUASAN PENDENGAR PROGRAM TALKSHOW INTERAKTIF DI RADIO PRO FM SURABAYA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEPUASAN YANG DIPEROLEH PBNDBNGAR PADA PROGRAM TALKSHOW INTERAKTIF -RADIO ACTIVE-DI 89.65 PRO PM SURABAYA DENGAN KONSEP GRATIFICATIONS SOUGHT DAN GRATIFICATIONS OBTAINED)

MAHARANI LESTARI RAHAYU, 079514708 (2000) KEPUASAN PENDENGAR PROGRAM TALKSHOW INTERAKTIF DI RADIO PRO FM SURABAYA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEPUASAN YANG DIPEROLEH PBNDBNGAR PADA PROGRAM TALKSHOW INTERAKTIF -RADIO ACTIVE-DI 89.65 PRO PM SURABAYA DENGAN KONSEP GRATIFICATIONS SOUGHT DAN GRATIFICATIONS OBTAINED). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 36-00. rah k.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Dalam menggunakan media dan isinya. individu didorong oleh motivasi untuk: memuaskan kebutuhannya. Kebutuhan ini dapat dipenuhi melalui berbagai sumber, salah satunya adalah melalui jenis acara di radio. Pada dasarnya setiap individu menggunakan media massa demi tujuan yang berbeda. Khalayk adalah individu yang aktif dan menggunakan media sesuai dengan kebutuhannya . . Dilandasi oleh asurnsi ini. maka ketika individu mendengarkan acara tertentu di radio, didasari oleh selektivitas sesuai dengan kebutuhannya. Ketika program Radio Active disajikan di PRO FM Surabaya. disadari atau tidak pendengar memiliki pengharapan program ini dapat memenuhi kebutuhannya Berdasarkan pemikiran tersebut maka peneliti tertarik untuk mengetahui apakah motif yang mendasari khalayak. bagaimana kepuasan setelah mendengarkan program Radio Active, dan bagaimanakah perbed8.an mean skor diantara kedua variabel tersebut. sehingga dapat diketahui kebutuhan mana yang dijumpai kesenjangan dan kebutuhan mana yang terpuaskan dari program tersebut. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian survey dengan tingkat analisis deskriptif yang bertujuan menggambarkan kepuasan pendengar program Radio Active di PRO FM Surabaya. Kerangka teori yang digunakan yaitu Uses and Gratifications dan Pendengar Aktif sebagai khalayak media. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling random sederhana karena peneliti memilikiframe sampling. Syarat-syarat pendengar yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pendengar yang bergabung lewat jalur telfon yang sudah disediakan dalam bulan Oktober dan November 1999 dan berdomisili di wilayah Surabaya dan SidoaIjo. Pengujian hasil data dilakukan dengan menggunakan rumus statistik t-test. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa program Radio Active belurn bisa memuaskan pendengamya. Mayoritas pendengar lelaki memiliki motif diversi yang tinggi sementara pada responden perempuan cenderung memiliki motif identitas pribadi yang tinggi. Pada kebutuhan diversi pendengar mendapat kepuasan yang berlebihan sedangkan pada kebutuhan-kebutuhan yang lain seperti informasi nasional maupun lokal dan identitas pribadi progam Radio Active belum memuaskan pendengamya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 36-00 Rah k
Uncontrolled Keywords: RADIO - AUDIENCE - TALK SHOW
Subjects: Q Science
Q Science > QC Physics > QC972.6-973.8 Radio Meteorology, Microwave Meteorology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MAHARANI LESTARI RAHAYU, 079514708UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDHenry Soebiakto, Drs. , SH., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Jan 2017 01:19
Last Modified: 27 Aug 2017 21:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51893
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item