OBYEKTIVITAS PERS DALAM PEMBERITAAN PENCALONAN WALIKOTA SURABAYA ( Analisis terhadap Berita Proses Pemilihan Wellkota Surabaya Pada Surat Kabar Surya dan Surabaya Post Periode November 1999-Februari 2000)

SRI ESTININGTYAS, 079414324 (2000) OBYEKTIVITAS PERS DALAM PEMBERITAAN PENCALONAN WALIKOTA SURABAYA ( Analisis terhadap Berita Proses Pemilihan Wellkota Surabaya Pada Surat Kabar Surya dan Surabaya Post Periode November 1999-Februari 2000). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 37-00. est o.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pers sebagai institusi sosial tak dapat terpisah dari lingkungan masvarakatnya. Berita yang dimuat semestinya mencerminkan kondisi realitas sebenarnya. Namun, tak selamanya pers mampu melakukannya. Tak jarang oprni wartawan ikut terbawa dalam pemberitaan. Karenanya, pers dituntut untuk obyektif dalam arti memihak nilar-nilai kepentingan masyarakat. Opini dapat muncul dalam pemberitaan terutama karena adanya kekuasaan yang bermein di dalamnya. Salah satu contoh permainan kekuasaan dalam berita adalah isu pemilihan walikota Surabaya. Selama proses pemilihan, masing-masing kubu kandidat walikota yang dimunculkan melalui surat kabar seolah saling 'berperang'. Faktor inilah yang menarik perhatian pene/iti untuk mengkaji lebih jauh mengenai obyektivitas pers terutama dalam isu pemilihan walikota Surabaya. Penelitian ini dilakukan terhadap surat kabar lokal, Surya dan Surabaya Post periode November 1999 -Februari 2000. Ada lIga kerangka konsep dalam penelitian ini, yaitu: Obyektivitas Per~,: Pengertian dan Fungsi Pers serta Serita Politik di Surat Kabar. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan tingkat analisis deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Surya dan Surabaya Post yang dipilih karena merupakan surat kabar lokal yang memungkinkan lebih banyak memuat isu tentang pemilihan walikota. Obyek penelitian adalah be rita langsung di kedua media (Surya dan Surabaya Post) yang memuat berita pemilihan walikota selama periode November 1999 -Februari 2000. Unit analisis penelitian ini adalah item berita untuk melihat tingkat obyektivitas terhadap isu pemilihan walikota. Populasi penelit!an adalah berita-berita langsung tentang kebijakan pemilihan walikota Surabaya yang dimuat Surya dan Surabaya Post periode November 1999 -Februari 2000 dengan teknik penarikan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan .,lembar koding . Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi dan tabel silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat obyektivitas pemberitaan kedua media terhadap pemilihan walikota Surabaya cenderung rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NEWSPAPER - OBJECTIVITY
Subjects: A General Works
A General Works > AN Newspapers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
SRI ESTININGTYAS, 079414324UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDHenry Subiakto, Drs. , SH., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Jan 2017 01:28
Last Modified: 26 Jan 2017 01:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51895
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item