KOMPETISI ANTAR TABLOID WANITA DARI SISI KHALAYAK (KOMPETISI ANTARA TABLOID AURA DAN WANITA INDONESIA DARI SISI KHALAYAK BERDASARkAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS DENGAN APLIKASI TEORI NICHE DI KOTAMADYA SURABAYA)

YENNY RAHMAWATI, 079414419 (2000) KOMPETISI ANTAR TABLOID WANITA DARI SISI KHALAYAK (KOMPETISI ANTARA TABLOID AURA DAN WANITA INDONESIA DARI SISI KHALAYAK BERDASARkAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS DENGAN APLIKASI TEORI NICHE DI KOTAMADYA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 38-00. rah k.pdf

Download (180kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tabloid merupakan salah satu media cetak yang mulai banyak bermunculan dan dapat memenuhi kebutuhan pembaca terhadap sumber informasi maupun hiburan. Maraknya tabloid yang hadir menyebabkan tingginya tingkat kompetisi dalam memperebutkan sumber penunjang kehidupan yang sama. Hal ini dapat dilihat jika dua tabloid atau lebih memiliki persamaan segmen yang dituju misalnya pada tabloid wanita. Tabloid Aura dan Wanita Indonesia adalah tabloid wanita yang memiliki persamaan segmen dan format sehingga menyebabkan satu sarna lain berkompetisi dalam memperebutkan jenis khalayak yang akan dilihat berdasarkan karakteristik demografis yang ada. Adanya fenomena tersebut melatarbelakangi peneliti untuk meneliti adanya tingkat kompetisi dalam memperebutkan jenis khalayak antara kedua tabloid tersebut. Penelitian ini akan mencoba untuk mencari nilai Niche Breadth dan Niche Overlap antara kedua tabloid. Kerangka konsep yang akan digunakan pada penelitian ini adalah tabloid wanita sebagai salah satu bentuk media massa, khalayak wanita pada tabloid, Teori Kategori Sosial, penggunaan media, Teori Niche (celung, ruang hidup) serta konsep generalis dan spesialis. Metode yang digunakan survey dengan jenis penelitiannya deskriptif Populasi penelitian ini adalah wanita yang berusia minimal 19 tahun dan bertempat tinggal di Surabaya. Sedangkan lokasi penelitian di Kecamatan Tenggilis Mejoyo (Kelurahan Tenggilis Mejoyo dan Kendangsari) dan Kecamatan Wonocolo (Kelurahan Margorejo dan Jemur Wonosari). Unit analisis adalah wanita dengan usia minimal 19 tahun yang membaca tabloid dan tinggal di 2 kecamatan terse but. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dan diambil secara acak proporsional yaitu dengan membagi secara seimbang antara pembaca Tabloid Aura dan Wanita Indonesia di 2 kecamatan tersebut. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang ditanyakan pada responden. Teknik analisis data menggunakan tabel frekuensi dan dianalisis secara kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Tabloid Aura dan Wanita Indonesia menggunakan pola generalis, yang artinya kelangsungan hidup kedua tabloid tidak hanya tergantung pada sub karakteristik demografis khalayak tertentu tetapi hampir seluruh sub karakteristik demografis dijadikan sebagai sumber penunjang kehidupan. Nilai Niche Breadth Tabloid Aura lebih besar daripada Tabloid Wanita Indonesia. Sedangkan Niche Overlap atau tingkat kompetisi antara kedua tabloid cukup tinggi. Hal ini berarti bahwa kedua tabloid dapat dikatakan berimbang dalam perolehan khalayak berdasarkan karakteristik demografis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 38-00 Rah k
Uncontrolled Keywords: TABLOID - NEWSPAPER
Subjects: A General Works
A General Works > AN Newspapers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
YENNY RAHMAWATI, 079414419UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSiti Sutarsih Andarini, Dra,.SUUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Jan 2017 18:02
Last Modified: 26 Jan 2017 18:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item