WANITA KARIR DALAM IKLAN DI MAJALAH WANITA (Studi Semiotik tentang Penggambaran Wanita Karir dalam Iklan di majalab Higina kosmopolitan)

ZARLITA ARSY IMANIAR, 079414379 (2000) WANITA KARIR DALAM IKLAN DI MAJALAH WANITA (Studi Semiotik tentang Penggambaran Wanita Karir dalam Iklan di majalab Higina kosmopolitan). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 40-00. ima w.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Fenomena wan ita karir berkembang akibat transformasi sosial yang didukung oleh perkembangan teknologi, globalisasi informasi, serta modernisasi. Aktifnya wan ita di bidang publik ini kemudian populer dengan sebutan wanita karir yang berasal dari kata career woman. Fenomena wanita karir ini pun tak lepas dari pemberitaan media massa, salah satunya yaitu majalah. Iklan, sebagai salah satu sumber penghasilan majalah, pun berusaha menarik perhatian konsumen dengan menampilkan berbagai hal yang dianggap menarik dan bisa mempermainkan keinginan konsumen sehingga konsumen akan membeli produk tersebut Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menampilkan karakter-karakter yang dianggap mewakili eksistensi konsumen, antara lain menampilkan iklan bertema wanita karir, meski fenomena ini diwarnai oleh berbagai hal seperti ideologi kapitalis dan kuatnya sistem patriarki di Indonesia. Berdasarkan fenomena di atas maka peneliti tertarik untuk melihat bagaimana penggambaran wan ita dalam iklan bertema wanita karir dengan menggunakan pendekatan semiotik. Media yang diteliti adalah majalah Higina Kosmopolitan sebagai majalah yang memiliki visi yang lebih terbuka terhadap nilai-nilai baru tentang kebebasan wanita. Unit analisis yang digunakan adalah gambar dan tulisan pada iklan yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap iklan yang diteliti didukung dengan penggunaan bahan dokumenter seperti buku, majalah, surat kabar, jurnal dan lain-lain. Sedangkan teknik analisis dan interpretasi data dilakukan berdasarkan model semiotik Peirce. HasH penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan, wan ita karir digambarkan dengan pakaian ke~a khas wanita karir, seperti jas, blazer, rok, dan lainnya. Mereka juga digambarkan dengan fisik yang setipe, yaitu berwajah putih, cantik, berambut lurus dan bertubuh langsing, berpenampilan rapi sesuai tren yang berkembang, serta berkaitan dengan penggunaan teknologi seperti ponsel atau komputer, meski untuk penggunaan komputer masih digambarkan secara pasif. Pada dasarnya eksistensi wanita di bidang publik khususnya sebagai wan ita karir telah diakui dan menjadi satu peran baru bagi wanita dalam sistem masyarakat patriaki di Indonesia, meskipun pada sisi lain, wanita masih menduduki tempat-tempat yang berdasarkan atas pertimbangan seksualitas, akibat sistem patriarki yang telah terkonstruksi dengan baik. Bagaimanapun juga, keseluruhan usaha untuk mencapai kesetaraan bagi wanita ini merupakan suatu proses yang sifatnya evolusioner, bergerak secara pertahan. Karena itu, diperlukan dukungan dari seluruh pihak untuk mencapai hasil yang maksimal bagi pencerahan nasib wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 40-00 Ima w
Uncontrolled Keywords: WOMEN AND ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ZARLITA ARSY IMANIAR, 079414379UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSri Moerdijati, Dra. MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Jan 2017 18:48
Last Modified: 26 Jan 2017 18:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item