PENGGUNAAN MEDIA MASSA OLEH KAUM SANTRI (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PENGGUNAAN MEDIA MASSA OLEH PARA SANTRl PONDOK PESANTREN DARUL ULUM. PETERONGAN JOMBANGl

SULIKtATI, 079514968 (2001) PENGGUNAAN MEDIA MASSA OLEH KAUM SANTRI (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PENGGUNAAN MEDIA MASSA OLEH PARA SANTRl PONDOK PESANTREN DARUL ULUM. PETERONGAN JOMBANGl. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 41-00. sul p.pdf

Download (143kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kemajuan teknologi komunikasi yang pesat sebagai tuntutan globalisasi telah mcmbawa masyarakat lebih terbuka terhadap berbagai informasi. Pada era informasi semacam ini, media massa telah menunjukkan keperkasaannya, setidaknya dalam hal jangkauannya terhadap khalayak. Hampir semua lapisan, kelas atau golongan dengan bcrbagai karakteristik demografis dan sosial telah tersentuh oleh media massa, sehingga bisa dikatakan sedikit sekali anggota masyarakat modem yang tidak diterpa media massa. Pesantren dalam perkembangannya juga tidak luput dari terpaan media massa, oleh karena itu penelitian tentang penggunaan media massa oleh kalangan santri menarik untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penggunaan media massa oleh para santri di Pondok Pesantren Darnl Ulum, Peterongan, Jombang. Yang dimaksud dengan penggunaan media Massa dalam , penelitian ini adalah perilaku santri dalam menggunakan media massa. Metode yang digunakan adatah metode deskriptif, yaitu melukiskan secara sistematis fakta atau bidang tertentu secam faktual dan cennat. Populasi penelitian adalah santri yang sa at ini belajar dan bertempat tinggal di Pondok Pesantren Darul UIum, Peterongan, Jombang. Sam pel diambil secara acak sederhana (simple random sampling). Data diperoleh dengan kuisioner yang disebarkan kepada responden yang bcrbentuk pertanyaan tcrtutup. Selain itu 'wawancara dan pengamatan langsung juga dilakukan untuk melengkapi data dari kuisioner. Data yang ada kemudian diolah ke dalam table frekuensi, diinterpretasi dan dianalisis secara kuantitatif sekaligus kualitatif. Pengamatan secara Iangsung dilapangan melengkapi hasil analisis data. Dari penelitian ini diketahui bahwa santri Pondok Pesantren Darnl Ulum mempunyai kebebasan untuk menggunakan media massa baik cetak maupun elektronik. Namun keterbatasan waktu luang yang menyebabkan mereka hanya memiliki waktu sedikit untuk menggunakan media massa. Sehingga sedikit sekali diantara pam santri yang menggunakan media massa secara rutin. Selain itu penggunaan media massa pada kalangan santri tidak Iepas dari kebijaksanaan pimpinan/pengasuh Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 41-00 Sul p
Uncontrolled Keywords: MASS MEDIA
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
SULIKtATI, 079514968UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDLiestianingsih D, Dra., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Jan 2017 19:10
Last Modified: 26 Jan 2017 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51937
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item