BUDIHARJO, 049923025 E
(2003)
APLIKASI BALANCED SCORECARD SEBAGAI SISTEM PENGUKURAN KINERJA PT. TERMINAL PETI KEMAS SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui critical success factors di PT Terminal Petikemas Surabaya bila ditinjau dari financial perspective, customer per.\pecfive. learning & growth perspective dan internal business process. Untuk memperoleh gambaran model balanced scorecard dalam menerjemahkan visi dan strategi PT Terminal Petikemas Surabaya ke dalam kerangka kerja operasional dan untuk mengevaluasi kinerja PT Terminal Perikemas Surabaya setelah penerapan
Balanced Scorecard.
Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut analisis yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari manajemen dan Direksi PT TPS. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) mengetahui prioritas perspektif pada perusahaan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa internal business process Per.\pective menduduki peringkat pertama, disusul Customer and Process Per~pective. Learning and Growth Perspective dan Financial Per~pective. Dalam setiap perspektif tersebut terdapat berbagai Critical Success Factors (CSF) yang dipentingkan yaitu untuk new shipping line, increase service efficiency, waktu pelayanan. on line service, pemasangan detektor. wailing lime, peningkatan kapasitas. on time services, personal growth, operational effiCiency dan new sources revenue.
Secara umum kinerja PT Terminal Petikemas Surabaya ditinjau dari keempat perspektif mengalami peningkatan. Pada perspektif keuangan kinerja PT Terminal Petikemas Surabaya ditinjau dari pencapaian return on equity sebesar 10% telah terpenuhi dan mencapai 10,24%, sehingga dapat disimpulkan bahwa operational efficiency yang diukur dengan return on equity pada PT Terminal Petikemas tergolong baik. Semen tara itu peningkatan dari sumber lain (penambahan shipping line) yang ditargetkan sebesar 20% per tahun terpenuhi sebesar 47,87%, sehingga dapat disimpulkan new source revenue dalam kategori baik.
Kata kunci: Balanced Scorecard, strategi, continuous improvement
Actions (login required)
|
View Item |