PENERIMAAN KHALAYAK REMAJA TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PEMILU (Reception Analysis Khalayak Remaja Surabaya Terhadap Iklan Layanan Masyarakat Versi"Angkot" dl Telivlsl)

KHORI FATMA MARYATI, 070016186 (2004) PENERIMAAN KHALAYAK REMAJA TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PEMILU (Reception Analysis Khalayak Remaja Surabaya Terhadap Iklan Layanan Masyarakat Versi"Angkot" dl Telivlsl). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 45-04 mar-p.pdf

Download (177kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Banyak hal-hal baru dalam Pemilu 2004 yang harus diinformasikan, karena pelaksanaan pemilu sekarang beda dengan sebelumnya. Salah satu bentuk sosialisasi pemilu yang dapat menjangkau khalayak yang luas adalah melalui iklan layanan masyarakat (ILM) di media televisi. Remaja sebagai pemilih pemula juga mempunyai hak pilih yang sama sebagaimana masyarakat lainnya. Pemilih pemula merupakan kelompok yang jumlahnya cukup besar sehingga bisa turut mempengaruhi proses perubahan dalam negeri ini dengan mengikuti pemilu. Kedekatan remaja dengan televisi dalam hal pola konsumsi remaja terhadap televisi, bisa menjadikan ILM pemilu di televisi sebagai sarana pendidikan politik bagi remaja. Dalam penelitian ini iklan yang akan diteliti adalah ILM pemilu versi "Angkot" karena merupakan ILM Pemilu 2004 dari KPU bekerjasama dengan Fortune Indonesia yang termasuk iklan awal tayang di televisi sehingga memiliki pesan mencakup pelaksanaan Pemilu 2004 secara garis besar dan keseluruhan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana penerimaan khalayak remaja dalam memahami dan memaknai pesan yang disampaikan ILM pemilu versi "Angkof' di media televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksploratif karena berusaha untuk menggali secara mendalam. Proses penggalian informasi, mengidentifikasi serta pemahaman dan pemaknaan khalayak terhadap suatu pesan dari media massa masuk dalam kajian audience reception studies dengan metode reception analysis. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah focus group discussion (FGD) atau diskusi kelompok terarah. Metode ini dinilai paling sesuai dengan permasalahan yang diteliti yaitu berusaha menggali sesuai dengan karakteristik studi eksploratif. FGD dilakukan dua kali, yang menjadi partisipan adalah remaja sebagai pemilih pemula yang berusia 17-21 tahun dengan SES B, C dan D. FGD menghasilkan narasi-narasi yang kemudian dianalisis dan diinterpretasi. Penerimaan dalam penelitian ini dibatasi pada pemahaman dan pemaknaan khalayak remaja, yang diungkapkan melalui pemikiran dan persepsi mereka. Penerimaan khalayak remaja terhadap ILM pemilu versi "Angkot" yang diteliti meliputi penerimaan pada pesan utama dalam iklan, setting iklan, karakteristik tokoh-tokoh dalam iklan, warna-warna gambar dalam iklan, backsound iklan, dan teks tulisan dalam iklan. Hasil dari penelitian ini adalah penerimaan khalayak remaja terhadap ILM pemilu versi "Angkot" di media televisi cukup bervariasi. Pada dasarnya partisipan memahami pesan utama dalam iklan ini yaitu pemilu tiga kali, meskipun diungkapkan dengan cara yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 45-04 Mar p
Uncontrolled Keywords: TELEVISION - ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
KHORI FATMA MARYATI, 070016186UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSuko Widodo, Drs. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Jan 2017 18:58
Last Modified: 29 Jan 2017 18:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52017
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item