PREFERENSI ANAK TERHADAP FILM SERIAL KARTUN ANAK DI TELEVISI SERTA FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DALAM FILM YANG MENDORONG ANAK UNTUK MENYUKAI FILM TERSEBUT (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP ANAK USIA 10-14 TAHUN DI KABUPATEN SIDOARJO)

WURI ENDAH LESTARI, 079514975 (2004) PREFERENSI ANAK TERHADAP FILM SERIAL KARTUN ANAK DI TELEVISI SERTA FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DALAM FILM YANG MENDORONG ANAK UNTUK MENYUKAI FILM TERSEBUT (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP ANAK USIA 10-14 TAHUN DI KABUPATEN SIDOARJO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 49-04 les-p.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dunfa pertelevisian yang kian pesat saat ini telah membawa ban yak dampak. Diantaranya adalah keragaman acara televisi yang semakin meningkat, yang pada akhirnya mengarah pada komersialisasi media televisi. Komersialisasi ini sendiri pada akhirnya berdampak juga pada isi dan pengemasan program tayangan yang selalu berusaha menjaring khalayak sebanyak-banyaknya sehingga menarik perhatian pemasang iklan sebagai sumber utama pemasukan dana bagi kelangsungan hidup stasiun televisi tersebut. Fenomena lain yang semakin terlihat belakangan ini adalah terus meningkatnya konsumsi atau penggunaan media televisi oleh anak-anak. Salah satu program acara yang mendapat porsi perhatian yang besar oleh anak adalah film serial kartun. Gencarnya film serial kartun ini membuat khawatir masyarakat terutama para orang tua dan pendidik. Film-film ini seringkali dituduh membawa pesan-pesan kekerasan yang tidak baik untuk perkernbangan anak. Dari latar belakang masalah di atas, dirumuskan permasalahan bagaimana preferensi anak terhadap film serial kartun dan faktor-faktor (internal dalam film) apa yang mendorong anak memilih sebuah film . Dengan mengetahui faktor-faktor apa yang mendorong anak tnenyukai sebuah film serial kartun, akan dapat membantu pihak -pihak berkepentingan ( seperti orang tua dan guru) terutama sekali pihak penyelenggara siaran (stasiun televisi) untuk dapat menentukan dan menyusun acara yang memang benar-benar sesuai untuk anak. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini adalah preferensi menonton televisi, penggunaan media televisi oleh anak, film serial kartun di televisi dan faktor-faktor internal dalarn film serial kartun yang merupakan faktor pendorong bagi anak. Sebagai sampling penelitian adalah anak-anak usia 9-10 tahun di wilayah sidoarjo, yang diperoleh dengan teknik penarikan cluster sampling banyak tahap (multistage). Akhirnya di dapat 100 responden dari 4 kelurahan yaitu kelurahan Masangan Kulon, kelurahan Suko, kelurahan Kedung Rejo dan kelurahan Kepuh kiriman. Teknik pengumpulan data dengan melalui kuesioner yang kemudian diolah dan dijadikan tabel frekuensi untuk mengetahui kecenderungan jawaban responden sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian ini memberikan gambaran ten tang film serial kartun yang disukai oleh anak-anak yaitu yang pertama adalah Tom and Jerry, kemudian Scooby Doo, Crayon Sinchan, Kapten Tsubasa dan Jackie Chan Adventure. Selain itu diketahui pula mengenai faktor-faktor apa yang mendorong responden memilih film serial kartun yang utama yaitu faktor cerita lucu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 49-04 Les p
Uncontrolled Keywords: TELEVISION PROGRAM
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
WURI ENDAH LESTARI, 079514975UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSri Moerdijati, Dra. . MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Jan 2017 19:49
Last Modified: 29 Jan 2017 19:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52026
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item