SUMBER-SUMBER INFORMASI YANG DIGUNAKAN NASABAH PT. ASURANSI JIWA MANULIFE INDONESIA CABANG SURABAYA DALAM MEMBELI POLIS ASURANSI JIWA

JULlANA, . 079514749 (2004) SUMBER-SUMBER INFORMASI YANG DIGUNAKAN NASABAH PT. ASURANSI JIWA MANULIFE INDONESIA CABANG SURABAYA DALAM MEMBELI POLIS ASURANSI JIWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 51-04 jul-s.pdf

Download (160kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Asuransi jiwa pada hakekatnya adalah suatu pelimpahan resiko (risk shifting). atas kerugian keuangan (financial loss) oleh Tertanggung (nasabah asuransi) kepada Penanggung (iembagaa.suransl jiwa). Resiko yang dilimpahkan kepada Penanggung bukanlah resiko hilangnya jiwa seseorang, melainkan kerugian keuangan akibat hilangnya jiwa seseorang atau karena mencapai umur tua sehingga tidak produktif lagi, yang akhirnya dapat menyebabkan lenyap atau berkurangnya nilai ekonomi, sehingga mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri dan keluarganya atau orang lain yang berkepentingan. Untuk itulah sumber informasi menjadi kebutuhan tunggal rnembeli polis asuransi jiwa. Informasi yang didapat pada intinya digunakan untuk mengurangi resiko dalam melakukan pembelian. Kebutuhan informasi diperoleh dari sumber-sumber yang dipercaya, bisa berasal dari pihak perusahaan Asuransi Jiwa atau informasi yang disediakan perusahaan atau bahkan berasal dari sumber non perusahaan. Oleh karena itu peneliti merasa perlu untuk meneliti sumber-sumber informasi apa saja yang dimanfaatkan dalam membeli Polis Asuransi Jiwa. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi sumber informasi yang digunakan nasabah, baik sumber informasi personal maupun non personal, yang disediakan perusahaan atau di luar dari yang disediakan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan tipe analisis penelitian deskriptif. Teori yang digunakan antara lain sumber informasi, teori informasi, serta pencarian informasi. Penelitian ini dilakukan pada nasabah PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia cabang Surabaya. Menggunakan teknik pengambilan sampelnya adalah accidentally sampling dengan pendekatan tabel Morgan sehingga didapat sampel sebanyak 274 responden, yaitu nasabah pada PT. AJ Manulife Indonesia cabang Surabaya. Dari hasil analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa nasabah PT. AJ Manulife Indonesia cabang Surabaya dalam membeli Polis Asuransi Jiwa cenderung menggunakan sumber informasi personal, yaitu tenaga pemasar, surat langsung, telemarketing, saudara dan teman daripada menggunakan sumber informasi non personal untuk mencari informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 51-04 Jul s
Uncontrolled Keywords: RESOURCES - INFORMATION
Subjects: T Technology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
JULlANA, . 079514749UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSS. Andarini, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Jan 2017 21:00
Last Modified: 29 Jan 2017 21:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52050
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item