DAYA SAING, PROFITABILITAS, DAN EFISIENSI USAHATANI PADI DAN JAGUNG DI INDONESIA

ADITYA PRATAMA, NIM : 041211132015 (2016) DAYA SAING, PROFITABILITAS, DAN EFISIENSI USAHATANI PADI DAN JAGUNG DI INDONESIA. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK C 143_16 Pra d ABSTRAK.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
52054.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Padi dan Jagung adalah komoditas strategis, oleh karena itu pemerintah selalu menjaga ketersediannya. Jawa Timur merupakan salah satu produsen utama padi dan jagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya saing, profitabilitas, efisiensi dan kebijakan pemerintah terhadap usaha tani padi dan jagung di kabupaten Ponorogo. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh melalui data Analisis Ekonomi Usahatani serta harga internasional padi dan jagung dari instansi terkait dan publikasi ilmiah. Metode analisis yang digunakan adalah Policy Analysis Matrix (PAM). Hasil analisis PAM menunjukkan bahwa usahatani padi dan jagung di Kabupaten Ponorogo mempunyai keuntungan privat dan sosial serta mempunyai keunggulan kompetitif dan komparatif sebagai indikator daya saing dan efisiensi. Kebijakan pemerintah secara keseluruhan mampu memproteksi usahatani padi namun belum mampu memproteksi usahatani jagung. Analisis sensitivitas menunjukkan keuntungan dan daya saing usahatani sensitif terhadap perubahan pada nilai tukar rupiah terhadap US Dollar, kenaikan tarif impor komoditas, dan perubahan harga komoditas baik secara domestik maupun internasional. Studi ini menyarankan bahwa usahatani perlu meningkatkan produksi padi dan jagung untuk mengurangi ketergantungan pada pasar dunia dan mengoptimalkan potensi wilayah serta pemerintah perlu mengkaji lagi kebijakan yang belum mampu memproteksi usahatani dan menerapkan alternatif kebijakan dengan memperhatikan kondisi pasar dalam negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 143/ 16 Pra d
Uncontrolled Keywords: competitiveness, efficiency, government policies, profitability, sensitivity, Policy Analysis Matrix (PAM)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ADITYA PRATAMA, NIM : 041211132015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantTri Haryanto, Drs. Ec., MP., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 29 Jan 2017 21:20
Last Modified: 18 Jun 2017 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52054
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item