ANALISIS PENGARUH INDEKS GINI, PDB PER KAPITA, PENGELUARAN PEMERINTAH DI BIDANG PENDIDIKAN DAN KEMISKINAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA PERIODE 1981-2012

MUHAMMAD AUFAL FRESKY, NIM : 041111147 (2016) ANALISIS PENGARUH INDEKS GINI, PDB PER KAPITA, PENGELUARAN PEMERINTAH DI BIDANG PENDIDIKAN DAN KEMISKINAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA PERIODE 1981-2012. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img] Text (fultext)
52060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (abstrak)
KKB KK C 145_16 Fre a ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Modal manusia merupakan salah satu faktor penentu pertumbuhan ekonomi suatu negara. Oleh karena itu modal manusia perlu dipertimbangkan dalam pembangunan ekonomi nasional. Salah satu indikator untuk mengukur modal manusia yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh indeks gini, pendapatan per kapita, belanja pemerintah di bidang pendidikan dan kemiskinan terhadap modal manusia di Indonesia selama periode 1981-2012. Penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS) untuk mengetahui pengaruh dalam jangka panjang dan metode Eror Correction model (ECM) untuk mengetahui pengaruh dalam jangka panjang. Hasil penghitungan menggunakan OLS menunjukkan bahwa indeks gini berpengaruh negatif signifikan terhadap modal manusia. Pendapatan per kapita berpengaruh positif signifikan terhadap modal manusia. Pembelanjaan pemerintah di bidang pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap modal manusia. Kemiskinan berpengaruh negatif siginifikan terhadap modal manusia. Metode ECM menunjukkan bahwa semua variabel indeks gini, pendapatan per kapita dan pembelanjaan pemerintah di bidang pendidikan tidak berpengaruh terhadap modal manusia. Kemiskinan berpengaruh positif signifikan terhadap modal manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 145/ 16 Fre a
Uncontrolled Keywords: human capital, the Human Development Index
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD AUFAL FRESKY, NIM : 041111147UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantTri Haryanto, Drs. Ec., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 29 Jan 2017 22:38
Last Modified: 19 Jun 2017 16:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52060
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item