KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM HUBUNGAN ANTARA ATASAN DAN BAWAHAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEGIATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KARYAWAN DI KEBUN KERTOWONO PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII )

Vidya Rahayu Boediyanti, 079113002 (1998) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM HUBUNGAN ANTARA ATASAN DAN BAWAHAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEGIATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KARYAWAN DI KEBUN KERTOWONO PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis K.2-99.Boe k.pdf

Download (143kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bermula dari suatu kesadaran temang pentingnya hubungan antar man\L~ia dalan1 suatu perusahaan. Hal ini perlu dicennati karena sumber daya manusia adalah unsur pokok kelangsungan suatu perusahaan. Dengan berbagai macam latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan berbagai jabatan di perusahaan, menimbulkan istilah "atasan dan bawahan". Dengan semakin besarnya sebuah perusahaan maka makin banyak pula sumber daya manusia yang terlibat sehingga sering terjadl kesenjangan komunikasi. Karena sumber daya manusia adalah unsur yang aktif maka dalam pendekatannya perusahaan cenderung menggunakan komunikasi mterpersonal yang sifatnya informal. Peneliiian dila.lrukan di Kebun Kertowono, Kecamatan Guciaiit, Kabupaten Lumajang. Hal ini mengingat pada daerah tersebut adalah tennasuk salah satu perkebunan di daiam naungan PT Perkebunan Nusantara xn yang cukup besar dan mempekerjakan banyak tenaga kerja, lebih dari 1000 orang. Dengan banyaknya tenaga kerja maka kcsempatan para atasan dan bawahan umuk saling berkomunikasi sangat keeil sehingga terjadi kesenjangan. Dari fenomena ini, penulis tenarik untuk meneliti bagaimana kegiatan komunikasi interpersonal dalam hubungan antara atasan dan hawahan. Selain itu, penuhs juga ingin mengetahui bagaimana pendapat para karya",'aIl tentang kegiatan komunikasi interpersonal di Kebun Kertowono. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan populasi karyawan Kebun Kertowono yang bisa membaca dan menulis dengan baik Unit analisisnya adalah individu, para karyawan yang bisa membaca dan menulis dengan baik Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengambilan sampel berstrata proporsional. Sedangkan teknik analisis datanya meng!,'Unakan koding, tabel frekuensi, dan analisis tabel frekuensi. Dar! hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, dapat diketahui bahwa kegiatan komunikasi interpersonal dalam hubungan antar manusia di Kebun Kertowono perlu ditingkatkan lagi. Hubungan antara atasan dan bawaiian yang selama ini dilakukan masih diwarnai oieh rasa takut dan sungkan juga ketidakpeduJian. Oleh karena itu kiranya perlu bagi manajemen pada umumnya dan para atasan/pemimpin pada khususnya untuk mengkaji kembali tentang pentingnya kegiatan kom unikasi interpersonal sehingga p-ada akhimya akan tercipta hubungan antar manusia yang selaras dan dinamis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COMuNICATION - INTERACTION
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Vidya Rahayu Boediyanti, 079113002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSiti Sutarsih Andarini, Dra., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Jan 2017 22:46
Last Modified: 29 Jan 2017 22:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52062
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item