PESAN MORAL DAN KEKERASAN DALAM CERPEN DAN DONGENG DI MAJALAH BOBO (STUDI ANALISIS lSI TENTANG PESAN MORAL DAN KEKERASAN BERBENTUK VERBAL DALAM CERPEN DAN DONGENG DI MAJALAH ANAIK - ANAK BOBO TERBITAN APRIL 1997 _ APRIL 1998)

Puspita Dwi Andamsari, 079414422 (1999) PESAN MORAL DAN KEKERASAN DALAM CERPEN DAN DONGENG DI MAJALAH BOBO (STUDI ANALISIS lSI TENTANG PESAN MORAL DAN KEKERASAN BERBENTUK VERBAL DALAM CERPEN DAN DONGENG DI MAJALAH ANAIK - ANAK BOBO TERBITAN APRIL 1997 _ APRIL 1998). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis K.3-99.And p.pdf

Download (143kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Cerpen dan dongeng merupakan cerita yang digemari anak-anak, karen a sesuai dengan karakteristik anak-anak, yaitu lebih mudah belajar dengan contoh daripada dengan aturan-aturan. Dengan cerpen dan dongeng, anak-anak mendapatkan pendidikan secara tidak langsung. Bobo, sebuah majalah anakana!< yang mengemban fungsi mendidik dan menghibur selta banyak memuat centa dan dongeng, dipilih dalam penelitian ini gun a diketahui sesuai tidaknya sebagai bacaan bagi anak-anak, yaitu untuk diketahui pesan moral yang ada di dalamnya sekaligus kekerasan berbentuk verbal dalam dialog-dialog yang diucapkan oleh tokoh cerita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Moral dan Pengertian Pesan Moral, Kekerasan di Media Massa, Fungsi dan Disfungsi Majalah Anak-anak, dan Pengertian Cerpen, Dongeng dan Tokoh. Tipe penelitiannya adalall deskriptif dengan metode penclitian analisis is;' Unit analisisnya adalah unit referens dengan melihat satuan kalimat yang mengandung pesan-pesan moral dalam cerpen dan dongeng, dan unit referens untuk meneliti dialog-dialog yang mengandung kekerasan berbentuk verbal. Kategorisasi yang digunakan yaitu katcgori moralitas menurut Rest (1984) dan kategori kekerasan berbentuk verbal menurut Surat Kabar Kompas (1993). Populasinya adalah seluruh cerpen dan dongeng yang dimuat di majalah anakanak Bobo, terbitan April 1997 sampai dengan April 1998, yang terbit sekali seminggu setiap hari Kamis, sebanyak 52 buah Qlajalah. Sedangkan metode dan penarikan sampelnya menggunakan random sampling sederhana, dengan cara mengambil dua nomor (edisi) setiap bulannya sehingga sampelnya berjumlah 24 buah majalah. Teknik pengumpulan dala, dengan mcnggunakan Icmbar koding dan dianalisis melalui tabel frekuensi sesuai tujuan penelitian. Temuan data yang didapat akan digunakan untuk Illelllperkaya interpretasi data. Pesan moral ten tang tingkah laku yang sesuai nonna sosial mempunyai persentase tertingsi, baik dalam cerpen maupun dongeng di majalah Bobo. Sedangkan kategori kekerasan berbentuk verbal yang berpersentase paling tinggi, baik dalam cerpen maupun dongeng adalah segal a perkataan yang menyebabkan lawan bicara tersinggung dan emosi marah. Tokoh pembantu ternyata lebih sering berkata-kata kasar dibanding tokoh utama, baik pada cerpen maupun dongeng. Sedangkan tokoh pria juga lebih sering mengucapkan kekerasan verbal tersebut dibanding tokoh wanita dalam cerpen ataupun dongeng. Penelitian ini mengungkapkan bahwa selain berisi pes<Ul-pesan moral yang baik untuk anak-anak, cerpen dan dongeng di m~ialah Bobo juga memual kekerasan berbentuk verbal dalam dialog-dialog lokoh-lokoh ccrilanya. Akan lebih bijaksana bila pengelola majalah anak-anak ini Icbih selcklirmclllilih cerila yang baik untuk. segmennya, yaitu anak-anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 3-99 And p
Uncontrolled Keywords: MORAL EDUCATION
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT251-265 Mental and moral life
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Puspita Dwi Andamsari, 079414422UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDLiestianingsih, Dra,.D.MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Jan 2017 23:03
Last Modified: 29 Jan 2017 23:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52070
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item