MOTIF DAN PENGGUNAAN SURAT KABAR MEMORANDUM PADA PEMBACA MEMORANDUM DI SURABAYA (Studi Uses & Gratification mengenal Motif dan Penggunaan Surat Kabar Memorandum pada Pembaca Memorandum dl Kelurahan Jagir Surabaya Dengan Tlngkat Pendldlkan sebagal Variabel Antara)

ANATRI SULISTYANINGRUM, 079314217 (1998) MOTIF DAN PENGGUNAAN SURAT KABAR MEMORANDUM PADA PEMBACA MEMORANDUM DI SURABAYA (Studi Uses & Gratification mengenal Motif dan Penggunaan Surat Kabar Memorandum pada Pembaca Memorandum dl Kelurahan Jagir Surabaya Dengan Tlngkat Pendldlkan sebagal Variabel Antara). Skripsi thesis, Universitas Airlangga Surabaya.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis K.4-99.Sul m.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Audience adalah individu yang aktif dan menggunakan media yang sesuai dengan kebutuhannya. Didasari oleh asumsi ini, maka dalam menggunakan media massa-pun, individu akan selektif memilih media yang dapat memenuhi kebutuhannya. Dengan adanya berbagai jenis pilihan surat kabar, individu akan melakukan seleksi dan kemudian memilih salah satu Surat Kabar yang ada untuk memenuhi kebutuhannya. Diantara pilihan itu terdapat Surat Kabar Memorandum. Tetapi apakah sebenamya motif yang mendasari audience di dalam memilih untuk memhaca surat kabar Memmandum dan hukan surat kabar yang lain dan bagaimanakah hubungannya dengan penggunaan Sural Kabar tersebut apabila tingkat pendidikan menjadi faktor yang turut diperhilungkan. TUJuan dari pendihan ini adalah untuk mengetahui motif:motif yang mendasari seseorang memilih untuk membaca surat kabar Memorandum, hubungannya dcngan pcnggunaan Memorandum dan pcngaruh tingkat pendidikan dalam hubungan antara motif dengan penggunaan. Penelltian yang dilakukan adalah penelitian survey dengan metode penelitian eksplanatif Landasan teori yang digunakan adalah teori Uses & Gratifications, dan teori Kategori Sosial. Sampel penelitian yang dipakai adalah cluster banyak tahap. Untuk analisisnya adalah individu. Jumlah sampel sebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan adaJah teknik analisis huhungan den gall menggunakan lekl1ik koreJa.si partial dan Pearson. Dipcrolch hasil bahwa dari keecmpat molif yang diuji, hanya motif surveillance yang memiliki hubungan dengan penggunaan media yang diukur melalui indikator frekuensi dan duras!. Selain ilu dikelahui bahwa tingkat pendidikan mempengaruhi hubungan amara motif dan penggunaan Memorandum, yaitu sebagai variabel penekan. atau dapat dikatakan bahwa hubungan anlara motif dengan penggtmaall Memorandum akan st'lI1akin kual bila tingkal pcndidikan dimasukkan sebagai variabel aniara (intervening variable).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 4-99 Sul m
Uncontrolled Keywords: NEWSPAPERS
Subjects: A General Works
A General Works > AN Newspapers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ANATRI SULISTYANINGRUM, 079314217UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDHenry Subiakto,, Drs. SH, MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 30 Jan 2017 00:03
Last Modified: 30 Jan 2017 00:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52078
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item