CARA-CARA PENYELESAIAN KONFLIK ANAK TERHADAP ORANG TUA TENTANG PERPINDAHAN AGAMA (Studi deskriptif tentang cara-cara penyelesaian Konflik Muallaf yang masih berstatus Sebagai Anak Terhadap Orang Tua Etnis Tionghoa Tentang Perpindahan Agama)

ISNAWATI, 079815864 (2002) CARA-CARA PENYELESAIAN KONFLIK ANAK TERHADAP ORANG TUA TENTANG PERPINDAHAN AGAMA (Studi deskriptif tentang cara-cara penyelesaian Konflik Muallaf yang masih berstatus Sebagai Anak Terhadap Orang Tua Etnis Tionghoa Tentang Perpindahan Agama). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis K.06-03.Isn c.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http:lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini dilakukan karena adanya hubungan interpersonal yang terns menerus antara anak dan orang tua. Selama proses hubungan tersebut berlangsung, muncul konflik yang beriringan dengan makin berkembangnya pola pikir anak. Ketika menginjak dewasa anak akan mempunyai hak untuk membuat dan menentukan keputusannya sendiri, dalam hal ini masalah agama. Tapi dalam kenyataannya, keputusan yang diambil oleh anak tidak selalu mendapatkan persetujuan dari orang rna, sehingga muncullah konflik. Kerangka kosep yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak dalam sub sistem keluarga, masalah perpindahan agama, komunikasi antara anak dan orang tua, serta konflik dan cara -cara penyelesaiannya. Metode penelitian yang digunakan alam penelitian ini adalah metode kuantitatJf dengan data kuaiitatJf studi kasus. Teknik pengambilan sampcl dilakukan dengan cara pUIposive. Penelitian ini dilakukan karena adanya konflik yang dihadapi oleh seorang m uallaf dad etnis Tionghoa dengan orang tuanya ketika mereka memeluk agama barunya, yaitu Islam. Hal ini karena adanya perbedaan sosio historis dan budaya antara Cina dan Islam yang te1ah dibangun sejak jaman kolonial. Penelitian ini dilakukan di PITI DPC Surabaya yang awal berdirinya ditujukan untuk membina para muallaf dari etnis Tionghoa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui cara -cara yang dilakukan oleh muallaf yang masih berstatus sebagai anak dalam keluarga dan belum menikah dalam menyelesaikan konflik dengan orang tuanya dari etnis Tionghoa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 06-03Isn c
Uncontrolled Keywords: CONFLICT MANAGEMENT - RELIGIOUS ASPECTS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ISNAWATI, 079815864UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDYan Yan Cahyana, Drs . MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 30 Jan 2017 18:19
Last Modified: 30 Jan 2017 18:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52106
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item