MASA REFORMASI DALAM KARTUN EDITORIAL (ANALISIS lSI KARTUN EDITORIAL PEI'I SURAT KABAR SURABAYA POST PERIODE 21 MEI-28 AGUSTUS 1998)

SELOCAHYO B U., 079313872 (1999) MASA REFORMASI DALAM KARTUN EDITORIAL (ANALISIS lSI KARTUN EDITORIAL PEI'I SURAT KABAR SURABAYA POST PERIODE 21 MEI-28 AGUSTUS 1998). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k.6-99.Sel m.pdf

Download (140kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kartun dalam surat kabar merupakan salah satu bentuk samoa atau media komunikasi yang bersifat visual. Kartun mudah dicerna. dipahami. jelas menyampaikan maksud dan juga karena penampilannya yang lueu, maka kanun merupakan media yang mudah diterima, Salah satu bentuk kartun dalam surat kabar adalah kart un editorial. Dalam perkembanglll1nya d. Indonesia , pesan yang dikandung kartun editorial selalu dipengaruhi dengan situasi dan kondisi masyarakat pada kurun waktu tertentu, Pada masa awal pergerakan nasional, tema yang diangkat dan pihak yang dijadikan sasaran berkaitan peIjuangan melawan penjajah, begitu juga dengan masamasa berikutnya, tema dan pihak sasaran kartun editorial akan mengikuti situasi dan kondisi yang ada, Berdasarkan hal di atas terlihat bahwa kartun editorial mempunyai ciri pada setiap zaman di Jndonesia, sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui tema dan pihak yng dijadikan pennasalahan kartun editorial sura! kabar pada awal masa reformasi di Indonesia. Dalam hal im peneliti memilih Kartun Editorial Pei'; Sura! Kabar Surabaya Pos!periooe 21 Mei sampai dengan 28 Agustus 1998. Pemiliban im d; dasari bahwa tema-tema Kartun Editorial Pei'1 selalu aktual dan penempatannya di head line schingga lebih mendapat perhatian pembaca. Sedangkan pemilihan periodenya karena unsur aktualitas danbertepatan diawalinya masa reformasi di Indonesia, dengan ditandai oleh 100 han pemerintahan Presiden BJ, Habibie, Pemilihan Surabaya Post !<arena posisinya sebagai surat kabar tcrbesar kc-3 di Jawa Timm, Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan unit analisis tematik. Teon yang digunakan adalah Sural Kabar scbagai Mt,'(\ia Massa, Pers sebagai Konlml Pemcrintah, Kartun dan Fungsinya. Sedangkan popuJasi penelitian betjumlab JOO eksemplar dengan teknik pengumpulan sampe! total sampling, Dan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa Tema Politik dan Pemerintahan paling banyak mendominasi Kartun Editorial Pei'i, Sedangakan pihak yang dijadikan bahasan paling banyak dalam Kartun Editorial Pei'I adalah Pihak Pemerintah,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 6-99 Sel m
Uncontrolled Keywords: REFORMATION - NEWSPAPERS
Subjects: A General Works
A General Works > AN Newspapers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
SELOCAHYO B U., 079313872UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSiti Sutarsih Andarini, Dra. i, SUUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 30 Jan 2017 18:56
Last Modified: 30 Jan 2017 18:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52121
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item