PENENTUAN JUMLAH KUMAN COLIFORM DAN E. COLI DENGAN METODA MPN DAN ISOLASI-IDENTIFIKASI KUMAN SALMONELLA SP PADA TEPUNG IKAN KOMERSIAL DI BEBERAPA POULTRY SHOP DI SURABAYA

FANDA DIANA HADIATI, 068410911 (1992) PENENTUAN JUMLAH KUMAN COLIFORM DAN E. COLI DENGAN METODA MPN DAN ISOLASI-IDENTIFIKASI KUMAN SALMONELLA SP PADA TEPUNG IKAN KOMERSIAL DI BEBERAPA POULTRY SHOP DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FKH 686-93 HAD P.pdf

Download (780kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada masa pembangunan ini bangsa Indonesia mempunyai program peningkatan produksi peternakan untuk memenubi kebutuhan protein hewani yang masih di bawah standar normal. Peningkatan produksi ternak, khususnya ternak .yam perlu ditunjang oleh adanya pakan ternak yang b~ik. sehingga mutlak diperlukan penyusunan ransum pakan ayam yang berim bang disesuaikan dengan masa periode pertumbuhan ayam. Salahaatu bahan penyusun ransum ayam yang, teramat penting adalah tepung ikan, karena tepung ikan merupakan satu-satunya aumber protein 'hewaniyang lengkap ausunan asam amino essensialnya dan mineralnya juga tinggi energi metabolis menya. Untuk memberi informasi tentang kualitas tepung i kan yang beredar, maka telah diadakan penelitian tentang jumlah 'kuman Coliform dan ~. £Ql! dengan metoda MPN dan Isolasi-Identifikasi kuman Salmo.'lla.~ pada 20 sampel tepung ikan yang bBredar di beberapa poultry shop dan kios pasar di Surabaya. Kandungan asam amino essensial dan energi metabolisma yang tinggi dari tepung ikan menyebabkan bakteri tumbuh dengan baik pada tepung ikan, sebingga menurunkan kualitas tepung ikan dan menjadi penyebab timbulnya penyakit bagi ayam yang memakannya; antaralain Kolibasilosis dan Salmo nellosis. Menurut standar ~.A.O tepung ikan samasekali tidak boleh ada ~uman Salmonella~. sedangkan jumlah aaksimum kuman Coliform dan ,E. coli yang masih dapat diterima 102 tiap gram sampel tepung ikan, karena setiap gram mate rial aaluran pencernaan ayam normal mengandung 106 kuman ,E• .£2ll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC FKH 686/93 Had p
Uncontrolled Keywords: POULTRY-FOOD
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
FANDA DIANA HADIATI, 068410911UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDIDIK HANDIJATNO, Drh., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Jan 2017 19:27
Last Modified: 20 Jun 2017 16:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52127
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item