FUNGSI -FUNGSI PARENTAL MEDIATION DAlAM KELUARGA (STUDI DESIKRIPTIF FUNGSI.FUNGSI PARENTAl MEDIATION DALAM KELUARGA DI KELURAHAN PERAK UTARA. KECAMATAN PABEAN CANTIKAN. KOTAMADYA SURABAYA)

SRIWIJAYANTI, 079414260 (1999) FUNGSI -FUNGSI PARENTAL MEDIATION DAlAM KELUARGA (STUDI DESIKRIPTIF FUNGSI.FUNGSI PARENTAl MEDIATION DALAM KELUARGA DI KELURAHAN PERAK UTARA. KECAMATAN PABEAN CANTIKAN. KOTAMADYA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k.7-99.Sri f.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berawal dari adanya kekhawatiran sebagian besar kalangan orangtua dan pendidik terhadap penggunaan media televisi oleh anak-anak yang selama ini dinilai tidak tepa!. Orangtua sebagai Iingkungan terdekat bagi anakanak, dipandang memiliki peran penting dalam meminimalkan pengaruh negatif akibat penggunaan media televisi, oleh karena orangtua memiliki konsekuensi fungsional terhadap anak, melalui fungsi pengawasan. Pengawasan orangtua terhadap penggunaan media televisi oleh anak-anak, diaktualisasikan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi parental mediation. Agar dapat menyelesaikan permasalahan yang diajukan, yaitu untuk mengetahui fungsi-fungsi parental mediation yang dilaksanakan oleh orangtua pada anak dalam penggunaan media televisi, maka digunakan kerangka konsep, antara lain: komunikasi keluarga dalam penggunaan media televisi, peran orangtua sebagai parental mediation dan penggunaan media televisi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pasangan suami istri yang masih memiliki anak-anak usia antara 3 sampai 12 tahun dan memiliki televisi. Lokasi pengambilan sampel ditentukan dengan teknik kluster banyak tahap dan pacta akhimya menetapkan Kelurahan Perak Utara sebagai lokasi pengambilan sampel. Dengan menggunakan rumus Yamane, ditentukan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 96 pasutri. Untuk selanjutnya, responden penelitian dipilih dengan cara sampling sistematis. Teknik pengumpulan data di lakukan melalui wawancara berstruktur dengan menggunakan kuesioner serta dengan melakukan studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, temyata orangtua telah melaksanakan fungsi-fungsi parental mediation pada anak dalam penggunaan media televisi, baik fungsi informator, interpretator, kritikus, pembuat aturan maupun fungsi penegakan disiplin. Diantara fungsi-fungsi parental mediation yang dilaksanakan oleh orangtua pada anak, fungsi informator merupakan fungsi yang paling banyak dilaksanakan, yaitu sebesar 95,8 %. Kemudian, secara berurutan, fungsi-fungsi parental mediation yang dilaksanakan oleh orangtua pada anak dalam penggunaan media televisi adalah sebagai berikut : fungsi kritikus dilaksanakan oleh sebanyak 74 % orangtua, fungsi interpretator dilaksanakan oleh sebanyak 68,7 % orangtua, fungsi penegakan disiplin dilaksanakan oleh sebanyak 66,7 % orangtua dan yang terakhir fungsi pembuat aturan dilaksanakan oleh sebanyak 40,6 % orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 7-99 Sri f
Uncontrolled Keywords: PARENTAL
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
SRIWIJAYANTI, 079414260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSri Moerdijati, Dra. MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 30 Jan 2017 21:58
Last Modified: 30 Jan 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52167
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item