PENGARUH OLAHRAGA BERJALAN KAKI (CASUAL WALKING) TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI PANTI TRESNA WERDHA HARGODEDALI SURABAYA

ETIK TRISUSILOWATI, 131211131099 (2016) PENGARUH OLAHRAGA BERJALAN KAKI (CASUAL WALKING) TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI PANTI TRESNA WERDHA HARGODEDALI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
52172.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan. Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh lansia (lanjut usia). Olahraga merupakan salah satu penatalaksanaan hipertensi secara non farmakologis dan berjalan kaki tipe casual walking merupakan olahraga aerobik yang baik untuk lansia dengan hipertensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh olahraga berjalan kaki (casual walking) terhadap perubahan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Metode. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperiment dengan one-group pra-post test design. Populasi penelitian ini adalah pasien hipertensi di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya. Total sampel berjumlah 8 responden yang diambil berdasarkan kriteria inklusi. Responden diberikan intervensi berupa olahraga berjalan kaki (casual walking) selama 40 menit setiap hari dalam waktu 5 hari. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi tekanan darah yang dikaji setiap waktu dan untuk selanjutnya dianalisis menggunakan paired t-test dengan α ≤ 0,05. Hasil dan Analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga berjalan kaki (casual walking) memiliki efek yang signifikan terhadap penurunan tekanan darah sistolik (p = 0,002) dengan rata-rata penurunan nilai tekanan darah sistolik sebesar 11,8 mmHg, tetapi tidak memiliki efek yang signifikan terhadap penurunan tekanan darah diastolik (p = 0,089) dengan rata-rata penurunan nilai tekanan darah diastolik sebesar 4,1 mmHg. Kesimpulan. Olahraga berjalan kaki (casual walking) memiliki pengaruh terhadap penurunan tekanan darah sistolik pada lansia dengan hipertensi, sehingga dapat dijadikan sebagai rutinitas harian dengan menambahkan durasi secara bertahap dan olahraga berjalan kaki mudah dilakukan oleh lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 200-16 Tri p
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Olahraga Berjalan Kaki
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
ETIK TRISUSILOWATI, 131211131099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNursalam, Prof. Dr. , M.Nurs., (Hons)UNSPECIFIED
ContributorIka Nur Pratiwi, S.Kep.,Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 30 Jan 2017 22:42
Last Modified: 20 Jun 2017 18:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52172
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item