ANALISIS BERITA POLITIK TENTANG INDONESIA DI MEDIA INTERNASIONAL (STUDI DESKRIPTIF METODE ANALISIS lSI PADA BERITA POLITIK TENTANG INDONESIA DI MAJALAH TIME EDISI JUNI 1996 .JUNI 1998

WIJAYANTO, 079213615 (1998) ANALISIS BERITA POLITIK TENTANG INDONESIA DI MEDIA INTERNASIONAL (STUDI DESKRIPTIF METODE ANALISIS lSI PADA BERITA POLITIK TENTANG INDONESIA DI MAJALAH TIME EDISI JUNI 1996 .JUNI 1998. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis K.8-99.Wij a.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kemajuan teknologi komunikasi dan infonnasi telah meningkatkan peran media massa khususnya pers dalam mengatasi batas-batas geografis yang ditemui dalam alctivitas peliputan peristiwa-paristiwa penting di dunia. Demikian halnya dengan dinamika kehidupan politil; di Indonesia yang tal; luput daTi amatan peTS intemasional seperti majalah Time. Acapkali pemerintah di negara berkembang tidak berdaya dan ditentukan citranya oleh peTS barat yang hidup dalam sistem politik yang lebih demokratis. Dengan demikian penelitian ini ingin mengetahui perspektif pers intemasional dalam memandang kehidupan demokrasi di Indonesia dilihat dari pelaksanaan pemerintahan dan kehidupan politiknya dengan meneliti tema. kecenderungan dan komunikator politik dalam liputan berita politik tentang Indonesia di majalah Time. Sehingga dapat diketahui citra pemerintahan dan kehidupan politik di Indonesia yang dibentuk oleh pers melalui berita-berita politilc yang ditampillcan. Penelitian ini menggunakan. teoti tentang pets, peran dan fungsinya, komunikasi politik, komunikasi intemasional dan tentang berita yang melipllti berita itu sendiri, berita politik dan sumber berita. Metode penelitian menggunakan teknik analisis isi dengan jenis penelitian deskriptif. Satuan analisisnya adalah satuan tematik dan rererens dengan sampel berita-berita politik tentang Indonesia di majalah Time edisi bulan Juni 1996-Juni 1998. Sampel diambil dengan metode total sampling. Vji kategorisasi diperlukan untuk menguji keterandalan kategorisasi daTi tema dan kecenderungan berita. Data dikumpulkan dengan lembar koding dan dimasullan ke dalam tabel frekuensi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif berdasarkan data daTi label frekuensi dan tabel distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa begitu kuat dan dominannya rezim orde bam di bawah Suharto teJah menyebabkan tema pemerintah menjadi tema yang dominan dalam pemberitaan dengan kecenderungan berita politik tentang Indonesia ru;ialah negatif. Sedangkan komunikator politik yang digunakan sebagai sumber berita sebagian besar adalah daTi luar struktur pemerintahan (extra govermnemat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 8-99 Wij a
Uncontrolled Keywords: POLITICS - THE PRESS
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
WIJAYANTO, 079213615UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAndarini, Dra., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 31 Jan 2017 00:49
Last Modified: 27 Aug 2017 20:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52192
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item