PENGARUH PEMBERIAN AIR SUNGAI YANG TERCEMAR LlMBAH PABRIK KERTAS TERHADAP KADAR NETROGEN UREA DAN KADAR KREATININ SERUM MENCIT (MUS MUSCULUS)

ENDANG IRAWATY, 068811469 (1993) PENGARUH PEMBERIAN AIR SUNGAI YANG TERCEMAR LlMBAH PABRIK KERTAS TERHADAP KADAR NETROGEN UREA DAN KADAR KREATININ SERUM MENCIT (MUS MUSCULUS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FKH 694-93 IRA P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air sungai yang tercemar limbah pabrik kertas terhadap kadar nitrogen urea dan kadar kreatinin serum lIlencit. Sejumlah 24 ekor mencit betina berumur dua bulan digunakan sebagai hewan percobaan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terbagi menjadi empat perlakuan dan enam ulangan, sehingga masing-masing perlakuan terdiri dari enam ekor mencit betina. Keempat perlakuan tersebut terdiri dari : Po (pember ian aquadest ). Pi (pemberian air sungai yang tercemar limbah pabrik kertas yang langsung keluar dari tempat pembuangan limbah). P2 (pemberian air sungai yang tercemar limbah pabrik kertas yang berjarak 1 km dari tempat pembuangan limbah). P3 (pemberian air sungai yang tercemar limbah pabrik kertas yang berjarak 5 km dari tempat pembuangan limbah). Perlakuan diberikan selama satu bulan. setelah itu diperiksa kadar nitrogen urea dan kadar kreatinin serum mencit dengan alat spektrofotometer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian air sungai yang tercemar 11mbah pabrik kertas berpengaruh sangat nyata (P < 0,01) terhadap kadar nitrogen urea serta berpengaruh nyata (P < 0,05) terhadap kadar kreatinin serum mencit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC FKH 694/93 Ira p
Uncontrolled Keywords: SEROLOGIC LIVESTOCK
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD896-899 Industrial and factory wastes
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
ENDANG IRAWATY, 068811469UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSETYAWATI SIGIT, Drh., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 31 Jan 2017 19:37
Last Modified: 31 Jan 2017 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52243
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item